Cara Menerapkan Youtube Ads Competitor Targeting Yang Efektif

Youtube Ads Competitor Targeting

Hari ini kami akan membahas bagaimana kamu dapat mengoptimalkan Youtube Ads Competitor Targeting dengan menawarkan beberapa opsi penargetan unik yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Dan dengan menerapkan cara ini kamu bisa jauh lebih hemat biaya daripada meninggikan bid kata kunci pesaingmu.

Jadi di sini kita akan membahas beberapa pilihan dan strategi untuk mengoptimalkan Youtube Ads Competitor Targeting yang paling efektif agar iklanmu sering muncul ke pengguna youtube dan mengalahkan bid iklan mahal yang kompetitor gunakan.

Cara Mengoptimalkan Youtube Ads Competitor Targeting 

Ada beberapa langkah mengoptimalkan Youtube Ads Competitor Targeting yang bisa kamu lakukan, yaitu : 

1. Menargetkan Penempatan Iklan

Langkah pertama yang bisa kamu coba untuk membidik kompetitor pemirsa di youtube adalah mencoba melakukan penargetan penempatan iklan yang tepat.

Jadi kita harus memilih penempatan iklan yang tepat dengan melakukan pengelolaan penempatan iklan hanya di chanel youtube tertentu dan video youtube tertentu saja.

Sehingga iklan yang kamu tampilkan nantinya tidak di sembarang video yang ada di youtube, iklan youtube kamu hanya akan tampil di channel youtube tertentu dan video youtube tertentu saja. 

Baca Juga :

digital marketing agency

Cara Menargetkan Penempatan Iklan

Untuk menargetkan penempatan iklan hanya pada channel youtube tertentu dan video tertentu, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama kamu masuk ke akun Google Ads yang kamu miliki, setelah itu kamu klik tab Placements pada menu di sebelah kiri, dan klik add placement.
  2. Pada di halaman edit placement, pada bagian browser di bagian pencarian kamu bisa ketikkan keyword youtube tertentu sesuai yang kamu ingin targetkan. Di sini contohnya kamu menuliskan kata kunci “keap crm” dan pilih youtube channel setelah itu muncul channel youtube Keap. Setelah itu kamu beri tanda centang pada samping gambar logo channel youtube yang akan kamu targetkan. Setelah itu klik tanda panah di ke kiri di atas kolom yang tercentang tadi.
  3. Kemudian kamu klik Youtube Videos agar nanti iklanmu muncul di tampilan video yang berhubungan dengan kata kunci keap crm yang ingin kamu targetkan.
  4. Jika sudah, akan muncul beberapa video youtube yang berhubungan dengan kata kunci yang kamu masukkan, kemudian pilih dan sortir video youtube mana saja yang ingin kamu targetkan agar iklanmu tayang. Jika sudah selesai klik tanda panah menghadap ke kiri lagi.
  5. Kamu juga bisa mempertimbangkan penempatan iklan di website jika memang perlu. Jika tidak maka selanjutnya kamu klik save. Maka akan muncul penempatan iklan yang sesuai dengan yang telah kamu targetkan tadi berserta harga CPV (cost per view).

Ini hanyalah salah satu cara mengoptimalkan Youtube Ads Competitor Targeting agar iklanmu lebih sering muncul daripada kompetitor pemasang iklan di youtube lainnya.

Pada cara pertama ini kamu juga harus sering-sering melakukan eksperimen iklan. Jika ternyata kamu sudah memilih beberapa penargetan iklan tetapi iklan kamu tidak tayang menurut laporan iklan google ads.

Sebaiknya kamu ganti penargetannya lagi, karena ada beberapa faktor selain bid iklan yang menyebabkan iklanmu tidak tampil pada video youtube yang telah kamu targetkan.

2. Membuat Segmen Audiens Khusus

cara meningkatkan Youtube Ads Competitor Targeting

Cara mengoptimalkan Youtube Ads Competitor Targeting kedua adalah membuat segmen audiens khusus. Dengan menyortir iklan yang muncul pada segmen audiens khusus, maka iklan yang kamu tampilkan nantinya hanya kepada audiens tertarget atau target pasar bisnismu saja.

Langkah untuk membuat segmen audiens khusus di google ads adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama untuk membuat segmen audiens khusus, kamu klik tools and settings pada bagian pojok kanan atas. Setelah itu kamu cari menu bernama audience manager.
  2. Setelah itu pada halaman audience manager kamu pilih tab custom segments, dan klik create custom audience.
  3. Pada halaman New Custom audience segmen kamu akan mendapatkan 2 pilihan yaitu people with any of these interests or purchase intentions atau people who searched for any of these terms on google. Maka kamu pilih opsi yang kedua dan lanjutkan dengan memasukan kata kunci yang ingin kamu targetkan di bagian add google search terms. Terakhir kamu beri nama pada kolom segment name dan klik create.
  4. Setelah itu kamu tambahkan lagi segmen audiens target dengan klik create custom audience.
  5. Pada custom audience segment yang kedua kamu pilih opsi yang pertama dan kamu klik People who browse type of website.
  6. Lanjutkan dengan memasukan url website pesaing bisnismu di kolom yang tersedia dan terakhir klik create.

Baca Juga :

3. Menggunakan Trueview Discovery Ads

Apa itu trueview Discovery Ads di youtube? Ini adalah iklan teks yang akan ditayangkan youtube pada hasil pencarian yang muncul paling atas sebelum hasil pencarian video youtube ditampilkan. Simak contohnya di bawah ini : 

Agar kamu dapat menargetkan iklan youtube dalam bentuk iklan text, kamu bisa menerapkan beberapa langkahnya membuat trueview Discovery Ads di bawah ini.

  1. Langkah pertama masuk ke akun google ads, setelah itu kamu pilih menu Keywords.
  2. Pada halaman display/video keyword kamu klik tanda plus atau klik +keyword.
  3. Kamu akan beralih ke halaman add keyword untuk iklan video. Di bagian keywords, masukkan keyword yang kamu ingin targetkan agar iklan mu tampil pada keyword tersebut. Jika semua keyword telah kamu masukkan, lalu klik tombol Save.
  4. Maka pada halaman baru akan muncul seluruh keyword yang telah kamu masukkan tadi serta data max CPV dan lainnya.

Kesimpulan

Bisa kita simpulkan bahwa Trueview Discovery Ads merupakan cara terbaik untuk mengoptimalkan Youtube Ads Competitor Targeting. Karena dengan menggunakan iklan teks, kita dapat meningkatkan konversi pengunjung ke website bisnis yang kita miliki.

Iklan yang muncul pada Trueview Discovery Ads akan berada paling atas sebelum hasil pencarian video youtube tampil.

Jadi jika ada seorang pengguna youtube sedang ingin mencari kata kunci tertentu yang sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan. Maka iklan teks yang tampil pada hasil pencarian youtube adalah iklan yang kita miliki. 

Dengan demikian, pesaing yang menggunakan iklan di dalam video akan kalah dengan iklan yang kita buat dalam bentuk iklan text.

Jadi jika kamu telah melakukan trial error dengan menggunakan iklan in stream video di youtube tetapi kurang efektif. Maka kamu bisa bereksperimen dengan menggunakan jenis iklan youtube Trueview Discovery Ads.

Jadi itulah tadi tips dan cara mengoptimalkan Youtube Ads Competitor Targeting. Dengan menerapkan ketiga cara di atas, semoga kamu dapat bereksperimen untuk menemukan cara pengiklanan di youtube mana yang paling efektif.

Baca Juga :

 

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.