Memahami Fungsi KOL Management dan Manfaatnya untuk Digital Marketing

apa itu KOL management

Tak dapat kita pungkiri bahwa digital marketing kini menjadi tren pemasaran paling menjanjikan dalam strategi marketing campaign. Salah satu jenis strategi pemasaran digital adalah social media marketing yang saat ini ramai digunakan oleh berbagai perusahaan. Seiring dengan meledaknya social media marketing (SMM) tersebut, kini istilah KOL management pun juga menjadi aspek yang tidak dapat kita abaikan begitu saja.

Manajemen KOL (Key Opinion Leader) bahkan memiliki pengaruh besar terhadap brand awareness dan suksesnya proses lead management. Bahkan, KOL juga dapat berfungsi sebagai lead magnet yang nantinya dapat meningkatkan conversion rate serta sales growth perusahaan. Lantas, apa itu manajemen KOL dan bagaimana fungsinya untuk perusahaan?

Apa Itu KOL Management

Sebenarnya, manajemen KOL sendiri bukanlah hal yang asing lagi di telinga orang awam. Terutama bagi Anda yang familiar dengan lingkungan di media sosial. Melansir dari Activecampaign, KOL management adalah cara perusahaan untuk mengatur inisiatif strategi marketing mereka dengan para key opinion leaders serta target pasar.

Contoh KOL (key opinion leaders) yang sering kita temui adalah sosok influencer di media sosial. Sebagai tokoh yang terkenal, terutama di dunia media sosial, para influencer tersebut pastinya akan memberikan pengaruh besar terhadap brand image atau citra merek suatu perusahaan. Tak jarang, opini dan testimoni dari influencer tersebut menjadi bahan patokan atau acuan dari para pengikutnya.

Maka tak heran apabila para influencer tersebut sering bekerja sama menjadi mitra bisnis (partner) suatu brand. Tugas mereka adalah mempromosikan brand tersebut pada followers atau pengikut yang mereka miliki. Strategi promosi dan kampanye pemasaran menggunakan jasa influencer ini bahkan cukup efektif untuk mendongkrak reputasi sebuah brand.

Kendati demikian, perusahaan tidak bisa sembarangan menjalin kerja sama dengan key opinion leaders. Perlu adanya manajemen yang tepat agar dapat mencapai tujuan dan target bisnis bersama. Inilah sebabnya, KOL management menjadi aspek yang tidak boleh Anda lupakan.

Pada dasarnya, manajemen ini mengacu pada siklus pemasaran yang meliputi marketing strategy dan marketing plan. Dalam manajemen KOL, perusahaan perlu melakukan identifikasi, memetakan, melakukan perencanaan, kemudian melibatkan KOL untuk keperluan marketing. Tahapan-tahapan ini hampir serupa dengan lead management yang berfungsi untuk menemukan sales lead paling potensial (qualified lead).

Bedanya, dalam manajemen KOL, perusahaan perlu melakukan identifikasi terhadap key opinion leader itu sendiri. Kemudian memetakan KOL yang paling sesuai, melakukan planning, lalu bekerja sama dengan mereka untuk keperluan pemasaran.

digital marketing agency

Agar KOL management dapat berjalan dengan efektif, maka kedua belah pihak harus benar-benar berinvestasi dalam kerja sama mereka.

Baca Juga :

Fungsi KOL Management

fungsi KOL Management

Berikut ini adalah beberapa fungsi manajemen KOL untuk kepentingan pemasaran perusahaan:

1. Mengetahui Siapa Audiens KOL

Mengutip dari Inhandsagency, salah satu fungsi utama manajemen KOL adalah perusahaan dapat mengetahui atau mengenali siapa yang menjadi audiens dari key opinion leader.

Dengan begitu, perusahaan bisa mengetahui apakah audiens KOL tersebut cocok dengan target pasar yang ingin perusahaan tuju. Apabila target audiens kedua belah pihak telah sesuai, maka perusahaan bisa memilih siapa KOL yang paling layak untuk diajak kerja sama.

Setelah memilih KOL yang cocok, perusahaan perlu melakukan perencanaan bisnis, branding, dan content planning terbaik agar KOL bisa mempromosikan brand mereka secara maksimal.

2. Mengetahui Jumlah Followers yang KOL Miliki

Sejatinya, jumlah followers memang tidak menjamin tingginya engagement rate. Kendati demikian, jumlah followers tetap saja akan sangat memengaruhi brand awareness atau proses branding bisnis perusahaan.

Sehingga pada intinya, semakin banyak followers yang KOL tersebut miliki, maka peluang peningkatan brand awareness pun akan ikut terdongkrak. Perusahaan juga akan semakin untuk mengestimasi seberapa banyak konsumen yang akan melihat pesan yang ingin disampaikan (marketing communication).

Bukan hanya itu saja. Manajemen KOL juga sangat jitu dalam mengidentifikasi akun kosong atau ghost account yang menjadi pengikut media sosial seorang KOL.

3. Mengetahui Tingkat Engagement KOL

Sebagaimana dua poin sebelumnya, manajemen KOL juga efektif untuk mengetahui tingkat engagement dari KOL tersebut. Pada dasarnya, fokus pemasaran adalah pada konten marketing yang KOL bagikan di media sosialnya. Sehingga penting sekali bagi tim marketing untuk mengetahui tingkat engagement followers yang KOL miliki dengan postingan mereka.

Biasanya, KOL yang baik adalah mereka yang memiliki tingkat engagement metrics tinggi. Misalnya mendapatkan komentar, feedback, dan SoV yang tinggi dari followers.

Baca Juga :

Manfaat KOL Management untuk Perusahaan

manfaat KOL management

Setelah mengetahui definisi serta fungsi KOL management, lantas apa saja manfaatnya untuk perusahaan?

Sebagaimana yang telah kita bahas di atas, pada dasarnya KOL memang menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari pemasaran digital, terutama social media marketing. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kelebihan yang bisa perusahaan dapatkan dengan menerapkan KOL management yang tepat :

1. Meningkatkan Brand Image

Manfaat pertama adalah meningkatkan brand image atau citra merek. Bahkan menurut Revu, KOL yang baik dapat membantu perusahaan untuk menjaga nama baik sekaligus memberikan image positif.

Dengan demikian, adanya manajemen KOL akan membuat KOL tersebut lebih berhati-hati dalam melakukan marketing campaign. Sebab mereka akan menjadi “wajah” baru dari brand yang bersangkutan, sehingga memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik brand tersebut.

2. Lebih Terstruktur

Manajemen KOL tentunya juga akan membuat kerja sama antara perusahaan yang KOL menjadi lebih terstruktur dan terjadwal sesuai dengan kesepakatan. Contohnya, perusahaan bisa menetapkan waktu posting konten di media sosial milik KOL. Caranya adalah dengan mempertimbangkan kapan waktu posting yang akan mendapatkan engagement tertinggi.

Selain itu, jalannya kampanye pemasaran atau marketing campaign juga akan lebih tertata rapi dengan adanya jadwal tersebut.

3. Alur Kampanye Pemasaran yang Lebih Teratur

Pada umumnya, manajemen kampanye akan terbagi menjadi 3 fase yang meliputi pra kampanye, kampanye, dan pasca kampanye. Nah, adanya manajemen KOL akan membantu perusahaan untuk memiliki alur kampanye pemasaran yang lebih teratur. Dengan demikian, semua prosesnya akan berjalan secara lebih efektif dan efisien.

Demikian adalah ulasan mengenai KOL management beserta fungsi dan manfaatnya untuk perusahaan. Pada dasarnya, manajemen KOL ini menjadi bagian penting dalam era digital marketing seperti sekarang. Dengan memiliki pengetahuan KOL management yang baik, maka proses pemasaran dan kampanye marketing pun akan berjalan dengan semakin optimal.

Sementara itu, selain menerapkan KOL management yang tepat, Anda juga bisa memaksimalkan bisnis sosial dengan memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mendukung kesuksesan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.