5 Langkah Optimasi SEO Youtube 2022

seo youtube

Youtube menjadi media sosial yang tak pernah terpisahkan dari kita. Media sosial ini menyajikan berbagai video menarik dan informatif yang juga menjadi hiburan tersendiri. Bahkan youtube menjadi platform mesin pencarian paling populer setelah google. Youtube juga memberikan kesempatan Anda untuk membagikan berbagai konten yang telah Anda buat. Tentu agar video mudah ditemukan oleh para pengunjung Anda harus mengoptimasinya secara baik.  Sama seperti website, youtube juga memerlukan optimasi SEO agar mudah ditemukan para pengunjung dan Anda mendapatkan viewers dan subscribers yang banyak.

Apa itu SEO Youtube?

SEO Youtube merupakan mesin pencari layaknya Google. Karena konsep ini kurang lebih sama dengan SEO Website, video juga butuh optimasi seperti pemberian kata kunci, tag, dan lainnya. Jika Anda menerapkan teknik SEO pada video Youtube, video akan lebih mudah ditemukan di dalam platform. Nah bagaimana mengoptimasi SEO Youtube? berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Optimasi SEO Youtube

Berikut ini terdapat 5  langkah dalam Optimasi SEO Youtube. Langkah-Langkah tersebut antara lain:

  • Riset Keyword
  • Membuat Video dengan Kualitas Terbaik
  • Optimasi Metadata
  • romosi Video
  • Manfaatkan Youtube Analytics

Riset Keyword

SEO Youtube juga mengenal yang namanya kata kunci. Kata kunci Youtube akan menentukan posisi dari konten yang Anda buat. Berikut ini panduan riset kata kunci pada Youtube.

Baca Juga: 

Temukan Kata Kunci Sesuai Niche

Sebelum terjun pada dunia Youtube secara profesional, tentukan terlebih dahulu niche atau tema yang sedang Anda kuasai. Kata kunci ini penting untuk menarik banyak pengunjung jika Youtube Anda masih terbilang baru. Sebagai pemula, Anda harus cerdas dalam memaksimalkan kata kunci. Anda dapat menggunakan fitur Google Trends untuk melihat jenis kata kunci yang dibidik dan frasa turunannya.

Analisis Tren Baru

Perhatikan tab trend di Youtube, terdapat dua cara melihat tren yang terjadi di Youtube. Pertama menggunakan fitur autocomplete pada kolom pencarian. kedua dengan langsung melihat tab trends dengan melihat Google Trends. Terkadang Anda juga bisa mendapatkan tren melalui media sosial dan kanal berita online. Sehingga membuat video atau mengkolase berbagai informasi dan gambar agar menjadi video yang berkualitas.

Koleksi Kata Kunci di Google

20-40% traffic yang masuk ke Youtube berasa dari pencarian organik Google. Maka dari itu Anda disarankan untuk menghimpun kata kunci yang banyak digunakan dan sesuai dengan niche yang sedang Anda kembangkan. Dengan kata kunci yang tepat, optimasi yang dilakukan lebih mudah. Meski demikian konten orisinal harus tetap dibuat agar kanal Youtube yang Anda buat tak terkesan copycat atau hanya meniru saja.

Produksi Video dengan Kualitas Terbaik

Agar mendatangkan traffic yang Anda inginkan, sebaiknya juga memperhatikan kualitas video yang dibagikan. Beberapa hal ini yang harus Anda perhatikan.

Kualitas Editing

Semaksimal mungkin mengedit video dengan bagus. Jika teknik editing video masih buruk, hal ini yang akan menjadi sulit untuk mendapatkan penonton. Kecuali video yang Anda bagikan memicu banyak penasaran orang dan viral.

Orisinalitas Video

Meskipun cukup sulit, sebisa mungkin buatlah konten yang original yang berkualitas. Usahakan jangan menggunakan cara yang instan. Lebih baik membuat konten original yang berkualitas. Asal optimasinya baik dan Anda pandai mengaplikasikan langkah SEO Youtube lain, video akan mendapatkan banyak view.

Durasi

Jangan lupa perhatikan durasi video yang Anda buat. Durasi video akan menentukan apakah nantinya konten mudah terindeks dengan kata kunci tertentu atau tidak. Beberapa orang yang melakukan monetisasi selalu membuat video di atas 5 menit.

Buat Thumbnail yang menarik

Kemasan dari video harus menarik dan membuat penasaran para pengunjung. Anda juga bisa membuat clickbait dalam Thumbnail agar lebih menarik pengunjung.

Baca Juga:

Pertimbangkan Selera Penonton

optimasi video youtube

Jangan lupa perhatikan selera penonton. Video yang berkualitas dibutuhkan untuk membuat banyak orang suka dan akhirnya membagikan atau dilihat beberapa kali.

Optimasi Metadata

Pada bagian ini akan menjelaskan di mana saja kata kunci ditempatkan.

Selipkan kata kunci di Judul

Buatlah judul yang memuat kata kunci, turunannya, atau sinonimnya. Semakin relevan judul dengan kata kunci, kemungkinan besar akan muncul di halaman pertama. Usahakan video relevan dengan judul. Biasanya terdapat batasan sekitar 60 karakter. Jika lebih dari itu, judul akan otomatis terpotong di hasil pencarian Youtube. Hal tersebut tentu sangat disayangkan terlebih lagi jika Anda memiliki konten yang berkualitas.

Deskripsi Video

Kata kunci yang juga harus muncul pada deskripsi. Berikan deskripsi sesuai dengan video atau masukkan CTA. Dalam membuat deskripsi usahakan untuk memasukkan kata kunci yang ditargetkan di 100 karakter pertama atau 2-3 baris pertama. Bagian itu akan muncul pada video sebelum penonton melakukan klik pada tulisan “Show More”.

Masukkan Tag yang Tepat

Tag membantu Google dan Youtube untuk memahami konteks video Anda. Maka dari itu Anda harus memaksimalkan penggunaannya pada dua hal tersebut.

Berikan Hastag yang Sesuai

Masukkan tagar yang sesuai. Hastag akan keluar di bagian atas judul berupa tanda pagar diikuti dengan berbagai kata yang sesuai. Youtube akan menampilkan video dengan tagar serupa sehingga pencarian akan lebih spesifik.

Buat Thumbnail Sesuai dengan Isi Video

Letakkan kata kunci atau yang berhubungan di thumbnail. Letakkan secara proporsional dan jangan berlebihan.

Promosikan Video

Berikut ini beberapa cara untuk promosi video yang tepat.

Gunakan Media Sosial yang Tepat

Hampir seluruh orang memiliki media sosial maka dari itu Anda bisa promosikan  Youtube di media sosial Anda. Berikan link dan footage video yang berisi ringkasan atau bagian-bagian yang bisa membuat orang penasaran pada media sosial Anda seperti Twitter atau Instagram.

Buat Komunitas

Ada baiknya Anda menjalin komunikasi. Anda bisa memberikan balasan pada kolom komentar jika suda banyak cukup melakukan like sebagai tanda ada interaksi yang terjadi.

Iklankan Video Anda

Anda bisa mempromosikan video Anda melalui layanan iklan Google Ads. Dengan Google Ads, Anda bisa menentukan dimana iklan akan tampil salah salah satunya adalah Youtube.

Baca Juga:

Mengevaluasi Video Youtube Anda

Setelah lengkap menjalankan keempat langkah di atas, terdapat satu langkah yang tak kalah penting yaitu evaluasi. Anda perlu melakukan evaluasi pada semua video yang telah Anda rilis. Anda bisa memanfaatkan analytics tool untuk mengevaluasi Youtube Anda.

Itulah beberapa langkah mengoptimasi Youtube SEO agar konten dan video Anda mudah ditemukan oleh penonton dan mendapatkan traffic sesuai yang ditargetkan. Untuk membantu Anda dalam merancang strategi tersebut, Anda dapat memanfaatkan layanan digital marketing agency untuk mengembangkan Youtube SEO bisnis Anda.

Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.