Cara Menggunakan Instagram Shopping Untuk Pemula

Cara menggunakan Instagram Shopping

Ingin menggunakan Instagram untuk marketing? Caranya manfaatkan instagram shopping. Lalu bagaimana cara menggunakan fitur ini?

Siapa yang tidak mengenal media sosial instagram? Pastinya kamu memiliki akun instagram bukan?

Aplikasi ini juga sering mendapatkan pembaruan fitur baru untuk memanjakan konsumen.

Belakangan ini banyak yang mencari informasi terkait cara menggunakan instagram shopping. Untuk lebih jelas, yuk simak selengkapnya berikut ini!

Mengenal Instagram Shopping

Mengenal Instagram Shopping

Sebagai sebuah fitur baru, tentu banyak yang masih bertanya mengenai cara menggunakan Instagram shopping. Dengan fitur baru ini pengguna instagram bisa membuat katalog untuk bisnisnya dengan mudah.

Selain itu, pelanggan juga bisa dengan mudah melakukan pembelian lewat postingan yang ada pada feed, story, dan profilnya.

Untuk instagram shopping sendiri, instagram menyediakan ikon bergambar tas.

Baca Juga :

digital marketing agency

Fitur yang Ada di Instagram Shopping

Fitur yang ada di Instagram Shopping

Mengetahui fitur instagram shopping bertujuan agar pengguna instagram mampu memaksimalkan penjualan dari fitur ini.

Sehingga bisnis akan menjadi lebih cepat berkembang di era digital marketing.

Ada 7 fitur instagram shopping yang wajib bisnis ketahui. Fitur tersebut antara lain:

1. Katalog Produk

Fitur katalog produk akan menampilkan seluruh produk. Sehingga pelanggan akan lebih mudah memilih produk. Dan tentunya akan mempermudah proses pembelian.

Tips agar produk menarik perhatian calon pelanggan. Caranya dengan memilih produk yang terbaik untuk ditampilkan di IG Shopping.

Selain itu untuk pemilihan background produk tertentu bisa menggunakan yang senada.

2. Instagram Shopping Tag

Fungsi dari instagram shopping tag sangatlah menarik.

Fitur ini memberi label pada produk yang ada pada postingan. Terutama label produk yang ada di katalog produk.

Produk yang ditampilkan dalam instagram shopping tag bisa dipilih sesuai kebutuhan bisnis dan strategi promosi produk. Silahkan pilih produk yang terbaik untuk di tag.

3. Halaman Detail Produk

Salah satu produk yang ada pada katalog produk jika di klik akan mengantarkan pada halaman detail produk.

Informasi yang ada pada halaman detail produk adalah foto produk, harga, nama dari produk tersebut, deskripsi lengkap produk yang berupa warna dan ukuran produk yang tersedia dan link ke website online shop.

Tips penyajian informasi pada halaman detail produk, sebisa mungkin sajikan informasi yang singkat namun telah mencakup semua informasi penting mengenai produk tersebut.

Baca Juga :

4. Instagram Shopping Ads

Jika kamu ingin membuat iklan dari postingan di ig shopping. Maka kamu bisa memanfaatkan fitur instagram shopping ads.

Fitur ini bermanfaat untuk menjangkau audiens lebih luas di instagram. Jadi kamu bisa menjangkau audiens sesuai dengan target pasarmu.

Silahkan buat postingan instagram shopping semenarik mungkin dan mampu mengundang rasa penasaran audiens kemudian iklankan menggunakan instagram shopping ads.

5. Shopping Tag di Akun Tertentu

Bekerjasama dengan influencer atau menggunakan jasa endorsement merupakan salah satu cara untuk mempromosikan bisnis.

Jadi IG Shopping yang kamu buat bisa bekerjasama dengan influencer atau selebgram. Sehingga produk akan lebih mudah dikenal, terutama pengguna IG yang merupakan follower dari influencer tersebut.

Shopping tag ini memudahkan produk untuk ditandai oleh influencer pada postingan yang mereka buat.

Postingan yang ditag oleh influencer juga akan dengan mudah dilihat oleh followernya. Maka secara otomatis akan meningkatkan jaringan pemasaran bisnismu.

6. Product Launches

Fitur yang satu ini sangat memungkinkan untuk digunakan membuat pengumuman launching produk.

Kamu bisa menghitung waktu mundur saat ingin melaunching produk. Sehingga pelanggan dapat bersiap-siap mengikuti launching produk.

Pelanggan juga bisa mengatur pengingat.ketika produk dirilis sesuai waktu yang ditentukan.

7. Live Shopping

Dengan menggunakan fitur live shopping sangat memungkinkan untuk menjual produk melalui instagram live.

Dengan melakukan live IG, pelanggan dapat melihat langsung produk yang dijual.

Jadi ketika pelanggan tertarik bisa langsung membelinya saat proses live IG berlangsung.

Nah itu dia ke tujuh fitur dari instagram shopping. Semakin penasaran kan dengan cara menggunakan fitur ini?

Baca Juga :

Ini Dia Cara Menggunakan Instagram Shopping

 

Setelah mengetahui fitur instagram shopping. Sekarang kamu harus mengetahui cara menggunakan fitur ini. Berikut ini cara atau langkah-langkahnya :

1. Membuat Facebook Katalog

Perlu diketahui bahwa instagram dan facebook merupakan media sosial yang saling terkait. Jadi ketika akan membuat instagram shopping perlu membuat katalog produk pada facebook terlebih dahulu. Berikut ini langkah membuat katalog produk:

Membuat Facebook Katalog Langkah 1

Pertama, silahkan buat halaman facebook bisnis dan lengkapi data. Selanjutnya silahkan buka Commerce Facebook pada halaman facebook yang telah dibuat dan klik tombol create a catalogue.

Membuat Facebook Katalog Langkah 2

Lalu, silahkan dipilih opsi E-commerce pada pilihan yang ada pada gambar berikut ini dan klik Next. Silahkan pilih opsi  mengupload informasi tentang detail produk yang ada. Jika ada website online shop bisa langsung ditautkan pada katalog.

Membuat Facebook Katalog Langkah 3

Selanjutnya menjadi tahapan yang cukup penting. Silahkan pilih Connect e-commerce platform, lalu pilih platform yang digunakan untuk website online shop. Pada gambar di bawah ini menggunakan platform WooCommerce.

Membuat Facebook Katalog Langkah 4

Proses pembuatan halaman facebook katalog telah selesai, silahkan klik Finish set-up untuk menyimpan pengaturan yang telah dibuat.

2. Menghubungkan Facebook Katalog dengan Woocommerce

Facebook katalog telah selesai dibuat, selanjutnya silahkan hubungkan akun Woocommerce yang ada dengan facebook katalog. Langkah pertamanya adalah dengan mendownload Facebook Pixel extension untuk mensinkronkan kedua akun.

Menghubungkan Facebook Katalog dengan Woocommerce Langkah 1

Tahapannya tergolong cukup mudah. Silahkan klik tombol download pada Facebook pixel extension, lalu klik tombol Continue.

Tahap berikutnya ikuti semua perintah yang tertera. Lanjutkan dengan klik Upload Plugin dan pilih file yang baru saja di download. Lalu, klik install now dan lanjutkan prosesnya dengan klik continue.

Menghubungkan Facebook Katalog dengan Woocommerce Langkah 2

Selanjutkan lanjutkan ke platform Woocommerce. Caranya, lakukan hal yang sama seperti pada Facebook. Di dashboard WordPress bukalah plugin lalu Add New. Lanjutkan dengan klik upload plugin dan upload file yang baru saja di download.

3. Menambahkan Produk pada Facebook Katalog

Akun facebook dan website telah berhasil ditautkan. Melanjutkan langkahnya dengan menambahkan produk di Katalog Manajer yang telah dibuat. Silahkan klik pada katalog yang digunakan dan tambahkan produk secara manual dan klik Add Item.

Menambahkan Produk pada Facebook Katalog

4. Menghubungkan Facebook dengan Instagram Bisnis

Katalog yang berisi beberapa produk telah selesai dibuat. Selanjutnya, hubungkan profil instagram bisnis dan lakukan tinjauan akun dengan cara berikut ini :

Pertama, cobalah untuk membuat akun menjadi mode bisnis.

Menghubungkan Facebook dengan Instagram Bisnis Langkah 1

Selanjutnya pada halaman bussiness, pilih set up instagram shopping.

Menghubungkan Facebook dengan Instagram Bisnis Langkah 1a

Setelah itu lanjutkan lagi dengan klik Get Started, terakhir Connect Facebook account kamu klik.

Menghubungkan Facebook dengan Instagram Bisnis Langkah 2

Silahkan login dulu ke akun Facebook untuk membuat katalog. Proses ini membutuhkan waktu 3-7 hari untuk peninjauan Facebook.

Menghubungkan Facebook dengan Instagram Bisnis Langkah 3

Menghubungkan Facebook dengan Instagram Bisnis Langkah 4

Setelah proses peninjauan selesai selanjutnya akan ada notifikasi persetujuan Facebook, silahkan aktifkan tag produk di instagram dengan cara klik tombol start, lalu pilih opsi produk dan pilih katalog yang akan ditautkan.

Kesimpulan

Kehadiran Instagram Shopping membuat para pengguna setia Instagram bisa berjualan dengan mudah. Hal ini tentu membutuhkan adaptasi agar pengguna setia Instagram bisa menggunakannya.

Adanya proses adaptasi ini membuat setiap orang wajib mengetahui cara menggunakan fitur ini. Semoga kehadiran fitur ini mampu membuat waktu luang menjadi lebih produktif.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara menggunakan Instagram shopping. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.