5 Tips Memilih Jasa Endorsement Untuk Bisnis Anda

jasa endorsement

Bagi Anda yang memiliki bisnis pasti sudah tak asing lagi dengan istilah endorse. Endorse merupakan bentuk promosi yang biasanya digunakan oleh banyak bisnis mulai dari makanan, pakaian, sampai skincare dan makeup. Endorse merupakan tindakan memberikan dukungan kepada seseorang atau suatu brand. Endorsement biasanya menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang mempunyai banyak follower atau sedang hits karena suatu alasan. Sebelum melakukan endorse kepada influencer atau selebriti, terdapat beberapa tips untuk mengoptimalkan jasa endorsement.

Tips Memilih Jasa Endorse Untuk Bisnis Anda

Berikut ini beberapa tips sebelum melakukan endorsement

Menyesuaikan Target Pasar Anda

Sesuaikan influencer dengan target pasar yang Anda tuju. Perhatikan followers yang dimiliki influencer yang Anda pilih memiliki target pasar yang diinginkan. Karena jika tidak, semua akan menjadi sia-sia.

Periksa Keaslian Followers

Saat memilih influencer, Anda harus memperhatikan keaslian dari followers. Saat ini banyak sekali akun palsu instagram. Maka dari itu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat ke nama akun. Biasanya akun palsu akan cenderung menggunakan angka di belakang nama. Selain itu akun palsu akan jarang melakukan posting, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Memperhatikan Kualitas Konten yang Ditampilkan

Pastikan influencer yang Anda tuju memiliki kualitas konten yang baik dan menarik dari segi pemasaran. Hindari asal berpromosi tanpa mempersiapkan gambar dan caption yang menarik. Konten juga biasanya dapat disesuaikan tergantung influencer. Ada yang meminta konten yang Anda inginkan ada juga yang menyesuaikan dengan kreatifitasnya.

Sesuaikan Budget

Kita tahu bahwa semakin terkenal influencer, semakin mahal juga tarif untuk endorse. Tarif tersebut beragam mulai dari Rp100 ribu hingga jutaan rupiah. Maka dari itu sesuaikan budget Anda untuk melakukan endorse.

Baca Juga:

 

Punya Banyak Platform

Mayoritas influencer melakukan promosi hanya melalui instagram. Tapi jika Anda ingin berhasil, Anda dapat memilih influencer yang memiliki lebih dari platform seperti blog atau platform lainnya. Hal tersebut tentu saja akan menguntungkan bisnis Anda.

digital marketing agency

Istilah Endorsement

Paid Promote (PP)

Dalam paid promote, Anda sebagai pemilik bisnis akan mengirimkan materi atau bahan postingan untuk dipromosikan ke akun sosial media influencer. Umumnya jenis endorsement ide dan konsep datang dari pemilik bisnis dan influencer hanya memposting di media sosialnya saja.

Paid Endorse

Dalam paid endorsement, produk yang akan dipromosikan benar-benar dipakai oleh influencer atau selebgram yang melakukan endorsement tersebut. Konsep foto atau pembuatan konten akan murni dari ide kreatifitas influencer. Karena membutuhkan effort yang cukup besar, tarif paid endorse biasanya lebih mahal daripada paid promote.

Cara Kerja Endorsement

Berikut ini cara kerja endorsement yang harus Anda ketahui

Bersifat Publik dan Positif

Endorsement bersifat publik yang berarti siapapun dapat melihat, membaca, dan mendengar konten yang dibagikan. Tentu saja saat Anda melakukan endorse, Anda harus memilih influencer yang mempromosikan produk atau layanan di akun media sosial yang tidak private dan tidak menyebarkannya di grup keluarga atau teman kantor.

Mengerti Jenis Endorsement

Sebelumnya telah disinggung mengenai dua jenis endorsement. Pertama paid endorsement dan paid promote kedua jenis ini memiliki cara kerja dan budget yang berbeda Paid endorsement Anda hanya memberikan produk dan konsep promosi akan dirancang oleh influencer. Sedangkan paid promote, Anda harus memberikan konsep promosi Anda. Maka dari itu budget yang keluar paid endorse lebih mahal.

Tidak Mengikat

Endorse merupakan bentuk iklan yang tak mengikat. Pihak endorser hanya perlu memposting satu kali dengan durasi tertentu tak ada kewajiban untuk terus menggunakan produk tersebut. Selain itu perjanjian endorse tak membutuhkan bicara tatap muka langsung karena dapat dilakukan hanya melalui via online. Perjanjian juga bisa tanpa atau menggunakan tanda tangan kontrak. Produk juga dapat dikirim melalui jasa ekspedisi.

Baca Juga:

 

Tips Pilih Influencer Untuk Bisnis Anda

tips pilih influencer

Perhatikan Engagement

Anda harus mengetahui tingkat engagement influencer yang dituju. Cek jumlah likes dan comment di setiap postingan. Mereka sebagai tolak ukur keterlibatan atas produk dan jasa yang dipromosikan. Biasanya micro influencer (1000-10.000 pengikut) merupakan pilihan ideal bagi bisnis kecil karen cenderung memiliki audiens lebih aktif dan solid dengan biaya promosi yang murah.

Perhatikan Influencer Mempromosikan Produk

Influencer yang baik adalah mereka yang dapat membuat audiens percaya dengan produk yang dipromosikan. Sayangnya tak semua influencer memiliki konten yang persuasif. Maka dari itu pilihlah influencer yang mampu membuat konten yang natural dan mengajak audiens untuk menggunakan produk atau jasa tersebut.

Pilih Influencer yang Memiliki Reputasi Baik

Tentu sebagai pemilik bisnis, Anda menginginkan image produk yang baik di mata audiens. Maka dari itu pilihlah influencer yang memiliki citra diri positif dan kredibilitas tinggi. Jangan memilih influencer yang memiliki banyak kontroversi karena justru akan membuat produk Anda memiliki image yang buruk.

Sesuaikan Karakter Influencer dengan Produk Anda

Anda wajib memperhatikan karakter influencer yang ingin Anda gaet. Perhatikan dengan cermat apakah sesuai dengan bisnis atau produk yang ingin Anda promosikan. Contoh saja jika produk kosmetik, cocok untuk kepada beauty influencer, atau produk makanan cocok pada influencer mukbang.

Kelebihan dan Kekurangan Endorsement

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan antara lain:

Membuka Peluang Baru

Jika Anda memilih influencer yang tepat dan memiliki banyak pengikut atau penggemar, hal tersebut akan berpotensi untuk membuka pasar baru. Artinya brand Anda dapat terkenal luas.

Brand Lebih Menonjol

Karena Anda menggunakan influencer yang populer dan sedang booming, hal tersebut membuat brand Anda juga ikut menonjol di mata konsumen. Konsumen akan menjadi ingat tentang kelebihan produk tersebut yang digunakan oleh influencer terkenal atau favorit mereka.

Membangun Kredibilitas

Masyarakat akan mempercayai dan memandang influencer yang mengiklankan produk tersebut. Selebriti atau influencer bisa menunjukkan kelebihan produk tersebut dan membangun sebuah kepercayaan dengan brand.

Walaupun memiliki beberapa kelebihan, perlu diketahui bahwa endorsement juga memiliki beberapa kekurangan. Antara lain:

Popularitas Influencer Berubah

Popularitas influencer berubah, saat Anda memilih selebriti atau influencer untuk mengiklankan produk kemudian ia terkena skandal atau kasus maka popularitasnya juga akan berubah dan mempengaruhi citra produk Anda.

Baca Juga:

Budget yang Tak Sedikit

Walaupun endorsement memiliki berbagai jenis dan tarif, umumnya endorsement selalu memiliki tarif yang cukup besar untuk membayar seorang selebriti atau influencer dengan followers yang banyak. Tak hanya itu, mereka terkadang memiliki konsep konten yang bagus sehingg mematok harga yang tak sedikit.

Itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan endorse, untuk mengatur strategi marketing, Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.