11 Tips Maksimalkan Marketing dengan Instagram Carousel

instagram carousel adalah

Saat ini rata-rata bisnis memanfaatkan Instagram untuk membangun branding, meningkatkan awareness, mempromosikan, dan meningkatkan penjualan. Apalagi Instagram terus mengembangkan fitur-fitur yang dapat mempermudah pebisnis maupun customer. Salah satunya adalah fitur Instagram carousel yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan strategi marketing.

Fitur carousel ini terbukti punya tingkat engagement terbaik. Dengan alasan tersebut, Anda bisa memanfaatkan carousel sebagai strategi marketing. Lalu, apa saja hal yang harus Anda lakukan untuk memaksimalkan marketing melalui konten Instagram carousel?

Di artikel berikut ini, kami akan membahas tentang Instagram carousel, manfaat, serta tips memaksimalkannya sebagai strategi marketing sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Apa Itu Instagram Carousel?

Instagram carousel adalah fitur Instagram yang memungkinkan penggunanya berbagi beberapa foto dan video sekaligus dalam sekali unggahan. Anda bisa menambahkan hingga 10 foto maupun video untuk sekali upload.

Fitur carousel Instagram sudah ada sejak tahun 2017. Fitur ini semakin populer seiring berjalannya waktu. Bahkan penggunaan carousel meningkat sekitar 16.44%, dari yang awalnya hanya 3% menjadi 19.44%. Hal inilah yang membuatnya dinilai sebagai sebuah konten organik yang memberikan kinerja terbaik dalam Instagram.

Manfaat Instagram Carousel

Bagi pelaku bisnis, Instagram carousel memberikan dampak positif karena bisa mengenalkan aneka produk dalam satu unggahan saja. Ini memudahkan pelanggan agar tak perlu repot berpindah ke konten selanjutnya.

Carousel membuat Anda tidak perlu repot mengunggah satu foto produk saja dalam satu post. Carousel bisa menjadi alternatif untuk menunjukkan ragam atau rangkaian produk, produk baru, atau membuat sebuah katalog atas suatu kategori produk dari brand Anda.

Dengan membuat post carousel, Anda juga bisa men-tag lebih banyak produk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan post carousel untuk menampilkan produk dari berbagai sisi atau menunjukkan cara penggunaan suatu produk.

Bahkan, carousel juga bisa menjadi platform pendukung untuk meningkatkan leads dan traffic.

Baca Juga :

Tips Menggunakan Instagram Carousel

tips instagram carousel

Untuk memaksimalkan konten Instagram carousel sebagai strategi marketing, Anda perlu mengunggah konten-konten yang menarik minat audiens. Berikut ini adalah sejumlah tips yang bisa Anda terapkan :

1. Gunakan sebagai Promosi produk

Produk tentu punya banyak informasi yang harus diketahui audiens. Jika ingin mempromosikannya lewat Instagram post, satu foto saja tak mungkin cukup.

Di sinilah Instagram carousel post bisa membantu Anda. Fitur ini memberi pilihan untuk meng-upload lebih dari 10 gambar dalam satu post.

Anda tak perlu lagi menghabiskan banyak tempat di feed demi satu produk saja. Audiens juga tinggal membuka satu post untuk memahami produk secara menyeluruh

2. Beri Cuplikan Deskripsi

Dalam membuat Instagram Carousel, caption memang menjadi salah satu penunjang terbaik. Supaya Anda bisa melakukan promosi produk secara maksimal, berikan deskripsi lengkap tapi tak terlalu panjang.

Ingat, kekuatan utama konten Instagram terletak pada sisi visual. Lebih baik lagi jika Anda punya website atau blog, supaya audiens yang merasa penasaran bisa dialihkan menuju tautan.

3. Konten Bercerita

Instagram carousel bisa Anda manfaatkan untuk memancing rasa penasaran audiens lewat konten bercerita.

Konten bercerita atau story telling yang menarik jelas akan memikat perhatian audiens. Apalagi melalui fitur carousel, mereka harus menggeser foto berikutnya untuk memperoleh informasi utuh.

Hal ini bisa jadi peluang bagi Anda untuk menciptakan cerita menarik, membuat penasaran, dan akhirnya melakukan pembelian.

4. Sematkan Sejumlah Fakta

Banyak yang senang berkunjung ke akun informatif. Untuk itulah Anda bisa menyematkan sejumlah fakta pada konten Instagram carousel yang diunggah agar semakin menarik.

Pastikan konten tersebut berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya Anda berjualan produk sprei dari organic cotton, Anda bisa memberitahukan fakta kelebihan organic cotton dibandingkan bahan sprei lainnya.

Dengan begitu, konsumen akan mendapat informasi baru, dan tertarik dengan produk yang dijual.

Baca Juga :

5. Pakai Foto Panorama

pakai stop motion

Pengguna Instagram tentunya sangat menyukai konten visual yang menyajikan pemandangan indah yang memanjakan mata. Untuk itu, usahakan mengunggah foto panorama pada fitur Instagram carousel Anda. Tentunya foto panorama yang berkualitas akan membuat siapa pun tertarik.

6. Pakai Stop Motion

Keberadaan fitur Instagram carousel tak dipungkiri akhirnya memicu banyaknya konten foto, dan video yang terunggah. Kondisi ini bisa saja membuat followers bosan, dan akhirnya memilih melakukan scroll begitu saja.

Tindakan ini bisa membuat konten carousel yang Anda unggah tak mendapatkan banyak perhatian. Lantas bagaimana membuat calon konsumen tertarik dan menjadi pelanggan potensial?

Anda bisa menggunakan video stop motion yang membuat objek dalam foto seolah bergerak perlahan. Kemudian tambahkan musik yang mendukung, tentu saja menjadikan konten unggahan Anda menjadi berbeda, unik, serta menarik.

7. Sertakan Testimoni Konsumen

Tips selanjutnya untuk memaksimalkan konten Instagram carousel adalah mengunggah testimoni dari para konsumen.

Testimoni yang bernada positif jelas membuat branding produk makin terpercaya. Apalagi kalau Anda berhasil membuat orang yang terkenal seperti selebriti, dan lainnya menggunakan produk yang Anda tawarkan, sekaligus menyertakan foto buktinya.

Unggahan testimoni ini jelas akan berdampak positif pada bisnis Anda.

8. Selipkan Foto Before After

Selain memaparkan sejumlah fakta, foto sebelum, dan sesudah yang menandakan transformasi konsumen sangatlah disukai.

Contohnya saja Anda berjualan skincare. Jika mampu memberikan foto transformasi before dan after pemakaian yang memang terbukti berkhasiat jelas akan membuat konsumen semakin tertarik membeli.

Baca Juga :

9. Padukan dengan Video

Anda bisa memadukan unggahan berupa video. Namun, pastikan video tersebut bisa memberikan pengalaman yang lebih edukatif.

Lengkapi engan desain cantik pada postingan Instagram carousel, sehingga keberadaan video akan membuat siapa pun semakin tertarik pada feed Instagram Anda, lalu melakukan transaksi pembelian.

10. Konten blog

Blog memang media dengan senjata utama kata-kata. Di sisi lain, Instagram merupakan media yang mengutamakan gambar. Meski berbeda, namun keduanya tetap bisa saling berkaitan.

Anda bisa mengunggah cuplikan konten blog Anda di Instagram. Tentu saja, Anda tak perlu memasukkan semua informasi yang ada di blog. Cukup beri sedikit teaser dengan visualisasi yang tepat.

Selain itu, langkah ini juga sekaligus bisa menjadi strategi blog marketing untuk bisnis Anda.

11. Jangan lupakan CTA

Copywriting menjadi bagian tak terpisahkan dari Instagram marketing. Oleh sebab itu, dalam gambar Instagram carousel selalu ada sebuah CTA.

Call-to-action (CTA) adalah gambar atau tulisan yang mendorong orang untuk melakukan transaksi. Berikan kata-kata persuasif di akhir penjelasan tentang produk Anda, supaya audiens tergerak untuk melakukan aksi.

Anda bisa menambahkan kata-kata yang memancing rasa penasaran dengan mengklik tautan yang Anda sertakan pada unggahan, atau mengajak audiens untuk langsung memberi produk Anda.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan Instagram carousel sebagai strategi marketing bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk mengembangkan bisnis Anda.

Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin tumbuh besar.