Apa Itu Telegram Marketing dan Kelebihannya untuk Strategi Pemasaran

telegram marketing adalah

Saat ini teknik marketing menggunakan media sosial dianggap sebagai trik jitu untuk mengembangkan bisnis lebih cepat daripada menggunakan marketing tradisional. Salah satu teknik yang patut Anda coba adalah Telegram Marketing.

Selain teknik marketing melalui platform populer seperti Facebook marketing, Instagram marketing, Twitter Marketing, YouTube marketing, atau pun TikTok Marketing, Anda juga tidak boleh melewatkan Telegram marketing. Hal ini karena Telegram juga merupakan salah satu platform yang memiliki banyak pengguna aktif.

Sejatinya, Telegram adalah aplikasi chatting. Kendati demikian, platform ini juga mampu membangun komunitas brand atau bahkan meningkatkan engagement.

Melalui artikel berikut ini, kami akan memberikan beberapa tips dan saran tentang cara menggunakan Telegram marketing untuk strategi pemasaran bisnis Anda.

Apa Itu Telegram Marketing?

Telegram dikenal sebagai aplikasi berbasis chat yang menggabungkan text messaging.

Telegram marketing sendiri dapat diartikan sebagai strategi mempromosikan bisnis/kegiatan lain melalui platform Telegram dengan menggunakan tools atau media pendukung yang Anda butuhkan, seperti teks, gambar, atau video.

Aplikasi ini sudah didownload lebih dari 100 juta kali dengan etidaknya ada  350.000 pengguna baru setiap hari di seluruh dunia. Semakin banyak pengguna dari suatu aplikasi atau platform, maka semakin banyak juga potensial marketnya.

Kelebihan Telegram Marketing

Jika Anda memiliki suatu bisnis dan ingin memasarkannya melalui teknik digital marketing, Telegram marketing bisa menjadi salah satu strategi jitu karena memiliki banyak manfaat seperti :

1. Jumlah pengguna Telegram terus tumbuh

banyak pengguna telegram

Mengutip The Jakarta Post, pada akhir Januari 2021, ada banyak orang yang men-download Telegram. Diyakini jumlah pengguna Telegram akan terus bertambah.

Seperti halnya aplikasi lain, semakin banyak aplikasi atau platform tersebut digunakan orang maka semakin potensial juga marketnya. Dengan demikian, berarti Anda juga perlu menerapkan Telegram Marketing sebagai salah satu teknik digital marketing bisnis Anda.

Baca Juga :

2. Telegram memiliki fitur lengkap

Jika Anda saat ini menggunakan WhatsApp sebagai ujung tombak pemasaran Anda, tidak ada salahnya Anda mulai menggunakan Telegram marketing. Hal ini karena fitur yang ada di WhatsApp juga ada di Telegram, bahkan lebih banyak fitur yang ada di Telegram tetapi di WhatsApp tidak ada.

Sedangkan di sisi lain, Telegram punya segudang fitur yang WhatsApp atau aplikasi chat lainnya tidak punya, di antaranya :

  1. Grup dan Channel
  2. Sticker
  3. Secret Chat
  4. dll

3. Gratis dan bebas iklan

Anda bisa menggunakan Telegram marketing untuk bisnis Anda secara gratis dan tanpa iklan. Bahkan jika Anda punya grup di Telegram, ada member yang terus-terusnya mengirim spam, Telegram juga menyediakan fasilitas untuk melaporkannya sebagai pesan spam.

4. Telegram bot

Telegram Bot merupakan alasan ke 4 Anda harus menggunakan Telegram untuk strategi marketing.

Dengan menggunakan bot pada Telegram, Anda bisa mengatur sistem utama dan memungkinkan robot mengambil berbagai pekerjaan Anda secara otomatis. Maka Anda pun tentunya bisa lebih menghemat waktu.

Dengan Telegram Bot Anda bisa melakukan banyak hal seperti :

  • Mengajar/ edukasi
  • Bermain game
  • Searching di web
  • Pengingat/ Reminder
  • Terhubung dengan pengguna lain
  • Integrasi dengan perangkat lain
  • Broadcasting
  • Penjadwalan

5. Satu aplikasi bisa untuk banyak akun

Ini menjadi salah satu poin yang menarik dari Telegram marketing.

Jika Anda punya banya toko online, Anda bisa membuat akun Telegram untuk masing-masing toko online dan mengelolanya hanya dari satu device saja. Sehingga Anda tidak perlu melakukan cloning aplikasi, juga tidak perlu takut media penyimpanan cepat penuh dan yang pasti ini legal.

Baca Juga :

6. Telegram bisa terintegrasi dengan aplikasi atau platform lainnya

terintegrasi banyak aplikasi

Berikutnya, yang membuat Anda harus menggunakan Telegram marketing sebagai strategi pemasaran bisnis adalah Anda bisa mengintegrasikan Telegram dengan aplikasi atau platform lainnya.

Misalkan Anda menggunakan layanan email marketing, Anda bisa mengintegrasikannya dengan telegram. Ini akan memudahkan Anda untuk melakukan follow up atau berkomunikasi dengan pelanggan.

Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda, karena taktik ini sama artinya dengan pemasaran dua arah.

7. Cross platform

Hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Telegram bisa Anda akses di lain banyak device dengan platform yang berbeda secara bersamaan.

Sebagai contoh, Anda mengakses Telegram di smartphone, ketika Anda membuka di laptop maka chat yang ada juga akan tetap sama. Karena Telegram menggunakan konsep cloud-base. Sehingga jika baterai smartphone habis Anda bisa membukanya di komputer dan tidak perlu takut kehilangan chat history.

8. Tingginya engagement Telegram

Pada 2020 lalu, AppsGeyser meriset tingkat engagement di tiap media sosial. Hasilnya, view rate di aplikasi Telegram mencapai 20 persen.

Engagement ini didorong oleh fitur polling dan kuis di dalam grup. Selain itu, Telegram juga punya GIF dan stiker khusus yang menarik untuk digunakan. Daripada media sosial lainnya, angka ini termasuk tinggi.

Itulah mengapa melakukan strategi marketing di Telegram terasa sangat menjanjikan

9. Platform tepat untuk membangun branding

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Anda bisa membuat grup di Telegram yang menjadi sarana menciptakan komunitas. Bahkan, satu grup di Telegram bisa menampung lebih dari 200.000 orang.

Dengan banyaknya komunitas dan angka engagement yang cenderung tinggi, Anda bisa membangun branding bisnis Anda sekaligus. Hal ini karena Anda bisa menyiarkan dan menyampaikan pesan terbaru dari perusahaan dan mempromosikan produk.

Tindakan sederhana ini akan dengan mudah meningkatkan visibilitas perusahaan atau bisnis Anda dan akan memberikan peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Selain itu, perusahaan akan dapat memahami kebutuhan dan keinganan dari pelanggan untuk lebih meningkatkan layanan atau produk.

Itulah tadi pembahasan tentang manfaat menggunakan Telegram marketing dan tips menerapkannya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari teknik digital marketing baru untuk dijalankan.

Untuk menerapkan Telegram Marketing sebagai teknik pemasaran, perusahaan bisa menggunakan layanan digital marketing agency. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.