Mengenal Testimoni Marketing untuk Tingkatkan Branding Perusahaan

testimoni marketing adalah

Pernah dengar istilah “testimoni jujur” suatu produk dari konsumen? Biasanya, testimoni tersebut berguna untuk meningkatkan branding sebuah bisnis. Testimoni marketing bahkan terbilang ampuh untuk meyakinkan calon pembeli dan meningkatkan penjualan suatu produk.

Menurut riset, 88% konsumen akan membeli produk online setelah membaca testimoni positif dari konsumen lain. Sebuah testimoni mampu memberikan informasi yang meyakinkan mereka membeli produk tertentu.

Oleh sebab itu, tak heran banyak brand terkenal di dunia menggunakan testimoni sebagai strategi memikat hati konsumen dan meningkatkan branding perusahaan mereka.

Bagi pemilik bisnis, Anda juga tak boleh melewatkannya. Nah, bagaimana caranya menerapkan testimoni marketing agar efektif menjaring pelanggan potensial?

Melalui artikel berikut ini, kami akan memberikan informasi selengkapnya untuk mengetahui apa itu testimoni marketing dan manfaatnya untuk branding sebuah perusahaan :

Apa Itu Testimoni Marketing?

Pernahkah Anda membeli sebuah produk setelah tahu ada konsumen lain yang puas dengan produk tersebut? Hal ini pasti sering terjadi saat Anda berbelanja online.

Testimoni menjadi bagian penting bagaimana suatu produk dipandang secara luas oleh konsumen. Bahkan, testimoni juga bisa menentukan laris atau tidaknya produk tersebut.

Testimoni adalah sebuah kesaksian pelanggan terhadap suatu produk barang atau jasa setelah mereka menggunakannya. Testimoni ini cukup penting untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan.

digital marketing agency

Sedangkan testimoni marketing adalah suatu strategi pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menjaring pelanggan baru menggunakan komentar positif dari konsumen terhadap suatu produk mereka.

Jadi, guna testimoni marketing adalah untuk meyakinkan orang lain yang ingin membeli, menguatkan kredibilitas brand, dan menciptakan rasa percaya dari konsumen.

Siapa pun bisa memberikan testimoni, dari orang biasa hingga selebriti atau influencer.

Baca Juga :

Manfaat Testimoni Marketing untuk Bisnis

manfaat testimoni marketing

Informasi di dalam sebuah testimoni lebih detail dan mencakup perasaan konsumen ketika menggunakan produk sebuah bisnis.

Itulah mengapa testimoni bisa menggambarkan kepuasan konsumen terhadap sebuah bisnis dengan lebih kuat. Hal ini juga yang membuat banyak bisnis menggunakan testimoni sebagai salah satu strategi marketing.

Berikut adalah manfaat testimoni marketing untuk bisnis Anda:

  • Media pemasaran gratis dan efektif
  • Sarana meningkatkan rasa kepercayaan dari calon konsumen
  • Bentuk apresiasi kepada konsumen
  • Sarana membuat brand lebih kredibel
  • Social proof atas kualitas suatu produk atau layanan

Tipe Testimoni untuk Marketing

Ada 4 tipe testimoni yang biasa digunakan para marketer untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Berikut ini adalah tipe-tipe testimoni marketing :

1. Quote testimonial

Quote testimonial adalah tipe testimoni yang biasanya diberikan oleh konsumen.

Testimoni ini mencantumkan informasi-informasi terkait individu tersebut dan bagaimana pengalaman serta opini mereka setelah menggunakan produk atau jasa Anda.

Biasanya, mereka akan menggunakan gaya bahasa mereka sendiri dalam menyampaikan testimoni dan hal tersebut berada di luar kendali Anda.

2. Influencer testimonial

Influencer tentunya adalah salah satu sosok yang bisa berperan sangat besar dalam strategi testimonial marketing. Sebagai influencer, tentunya opini dan komentar mereka bisa memengaruhi persepsi banyak orang.

Untuk mendapatkan testimoni dari seorang influencer, Anda harus bekerjasama dengan mereka, contohnya untuk endorsement. Untuk mencari influencer yang tepat, pastikan mereka memiliki audiens yang sesuai dengan customer persona Anda.

Baca Juga :

3. Social testimonial

Social testimonial dalam testimoni marketing adalah tanggapan yang bisa siapapun temukan lewat media sosial.

Banyak orang menggunakan media sosial sebagai wadah untuk beropini. Maka, opini ini dapat Anda manfaatkan untuk marketing kalau sifatnya positif. Jenis testimoni ini bisa sangat membantu bisnis Anda dalam membangun brand awareness dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

4. Peer testimonial

strategi testimoni marketing

Peer testimonial adalah jenis testimoni yang ternyata memiliki efektivitas terhadap konversi terbesar dalam strategi testimoni marketing. Hal ini karena peer testimonial memanfaatkan komentar atau review dari teman atau orang-orang yang terkenal sehingga lebih dipercaya.

Salah satu cara untuk memaksimalkan peer testimonial adalah dengan mengerahkan strategi word of mouth, yaitu menyebarkan tentang produk atau jasa yang Anda pasarkan dari mulut ke mulut.

Untuk melakukannya, ajaklah orang yang sudah puas dengan produk atau jasa Anda untuk mempromosikannya pada orang-orang yang ia kenal. Dengan begitu, peer testimonial yang terasa natural bisa terjadi.

Strategi Testimoni Marketing

Hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan testimonial marketing adalah mengumpulkan testimoni-testimoni dari pelanggan yang bersifat positif.

Setelah itu, gunakan kumpulan testimoni tersebut di email marketing, media sosial marketing (Instagram, Facebook, Twitter, TikTok), blog marketing, atau melalui YouTube marketing.

Jika Anda pernah mendapatkan testimoni dari influencer atau public figure terkenal lainnya, tampilkan hal ini dengan jelas agar produk Anda bisa semakin dipercaya. Dengan adanya nama yang sudah terkenal tersebut, orang akan cenderung lebih yakin dan mempercayai testimoninya.

Selain itu, sebisa mungkin tampilkan testimoni yang terdengar orisinal, terdengar natural, dan meyakinkan. Kalau sebuah testimoni terdengar terlalu dibuat-buat, justru orang yang melihatnya akan merasa ragu apakan opini tersebut benar-benar asli.

Baca Juga :

Pentingnya Testimoni Marketing untuk Branding

Testimoni yang bernada positif jelas membuat branding produk makin terpercaya. Apalagi kalau Anda berhasil membuat orang yang terkenal seperti selebriti, dan lainnya menggunakan produk yang Anda tawarkan, sekaligus menyertakan foto buktinya.

Unggahan testimoni ini jelas akan berdampak positif pada bisnis Anda. Apalagi saat ini rata-rata bisnis memanfaatkan testimoni untuk membangun branding, meningkatkan awareness, mempromosikan, dan meningkatkan penjualan.

Agar promosi produk atau brand Anda bisa menarik banyak orang untuk meningkatkan penjualan dan mendapat lebih banyak testimoni, Anda bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mewujudkan hal tersebut.

Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin tumbuh besar.

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.