Tips Memaksimalkan Hashtag Untuk Strategi Marketing Bisnis Anda

memaksimalkan hashtag

Anda mungkin tak asing lagi dengan istilah hashtag. Dalam sosial media hashtag atau tanda pagar semakin banyak digunakan terlebih lagi pada Instagram dan Twitter. Fungsi hashtag sama halnya dengan hyperlink yang dapat digunakan untuk mempermudah orang lain mencari topik yang berhubungan. Hastag juga dapat meningkatkan engagement sebesar 12,6 persen lebih tinggi daripada dengan postingan yang tidak menggunakan hashtag. Sehingga dalam dunia bisnis, hashtag dapat berguna sebagai strategi marketing.

Tips Memaksimalkan Hashtag Untuk Strategi Marketing

Berikut ini beberapa tips memaksimalkan hashtag untuk strategi marketing antara lain:

Buat Rencana dan Riset Hashtag

Buatlah rencana dan riset konten dengan hashtag yang dapat meningkatkan brand awareness dan traffic ke media sosial perusahaan. Setelah riset, masukkan dalam rencana yang komprehensif. Sesuaikan juga dengan konten dan hashtag dengan karakteristik setiap media sosial.

Gunakan Hashtag Untuk Menciptakan Kisah

Buatlah audiens menciptakan kisah yang menyangkut brand Anda. Dengan menggunakan kisah akan membuat brand Anda lebih menarik dan hashtag yang ada akan membuat orang mempostingnya merasa menjadi bagiannya. Secara tak langsung melalui hashtag orang lain akan membantu Anda melakukan kegiatan marketing.

Buat Tantangan

Tantangan atau challenge salah satu cara membuat konten menjadi viral. Buatlah tantangan yang menarik di mana tantangan tersebut harus menyertakan hashtag. Agar dapat diterima di masyarakat, Anda harus memberikan reward jika mereka berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk meminta informasi akun email atau nomor handphone audiens yang akan mengikuti challenge atau tantangan tersebut. Hal tersebut berfungsi untuk memberikan informasi lanjutan terkait tantangan yang diberikan sekaligus menjadi media promosi brand Anda.

Teknik Mengekor

Hashtag juga dapat Anda gunakan sebagai personal branding perusahaan Anda. Sehingga Anda dapat memanfaatkan hashtag untuk memperkenalkan bisnis lebih luas lagi. Salah satu strategi adalah dengan teknik mengekor. Maksudnya adalah Anda bisa memasukkan hashtag yang mencantumkan brand usaha yang dengan topik yang sedang populer.

Baca Juga:

Strategi Mengoptimalkan Hashtag Instagram

Instagram merupakan media sosial yang paling populer. Berikut ini strategi mengoptimalkan hashtag instagram untuk bisnis Anda.

Peletakan Hashtag

Untuk meletakkan hashtag di instagram tidak boleh sembarangan tempat. Anda harus memperhatikan letak hashtag yang akan Anda buat. Untuk memudahkan, ada lima jenis hashtag. Pertama Branded Hashtag (hashtag ini dipasang di profil dan setiap post instagram). Hashtag ini berguna untuk mempopulerkan nama brand atau value yang diberikan. Kedua, Contest Hashtag, hashtag ini untuk suatu event atau kontes seperti #giveaway #promo. Ketiga, general appeal hastag.

Hashtag ini paling populer karena memberikan jangkauan yang luas. Hashtag ini biasanya digunakan sampai ratusan ribu kali. Keempat, niche-spesifik hashtag, hashtag ini menjadi kata kunci khas dari audiens yang tertuju. Kelima, timely hashtag untuk peristiwa tertentu yang sedang atau akan terjadi.

Perhatikan Jumlah Kiriman Setiap Tagar

Hashtag yang dibuat biasanya sudah ada yang membuat sebelumnya. Maka perhatikan hashtag sudah digunakan berapa kiriman di dalamnya. Jangan gunakan yang penggunaannya sedikit tapi juga jangan yang terlalu banyak.

Atur Hashtag Sesuai Topik, Minat, Merek, dan Industri

Atur hastag yang Anda buat sesuai dengan topik, minat, merek, industri, khalayak, atau apapun yang menjadi target pasar Anda.

Baca Juga:

Perhatikan Jumlah Hashtag

Jangan terlalu banyak menggunakan hashtag. Maksimal 30 hashtag. Tapi menurut hasil sebuah riset menyebutkan bahwa hanya 8-11 hashtag saja yang dapat optimal terlihat oleh orang-orang.

Hastag Relevan dengan Postingan

Hashtag merupakan pengelompokan dari topik yang sama. Maka dari itu dalam memilih hashtag yang dipakai pun hendaknya sesuai dengan sasaran konsumen yang sudah ditargetkan.

3 Tool Untuk Riset Hashtag di Instagram

Terdapat beberapa tool untuk membantu Anda dalam riset hashtag di Instagram. Antara lain:

Tint

Dengan tool ini, Anda bisa meng-generate konten dan memungkinkan untuk memoderasi konten tersebut dan menampikan di situs yang Anda sukai. Konten ini akan membantu meningkatkan interaksi, konversi, dan membangun komunitas.

Talkwalker

Dengan tool ini Anda bisa mentracking hashtag dan mention yang digunakan sebuah brand di media social. Tool ini bahkan melangkah lebih jauh dengan mentracking kata kunci populer di media sosial sehingga Anda bisa membuat notifkasi harian atau mingguan untuk mengikuti kata kunci dalam sebuah berita atau blog.

Rite Tag

Rite Tag memiliki fitur yang membantu Anda memilih tag yang tepat, termasuk memberikan alert terkait tag yang sedang trending. Anda juga bisa subscribe pada topik tertentu agar tetap up to date dengan trend terkini berhubungan dengan topik tersebut.

Tips Memaksimalkan Hashtag di Twitter

memaksimalkan hashtag

Berikut ini beberapa hal untuk memaksimalkan hashtag di twitter antara lain:

Mencari Topik yang Berhubungan dengan Bisnis

Anda harus melihat topik seputar bisnis apa yang sedang ramai dari percakapan twit yang bermunculan. Anda dapat menganalisa untuk menuliskan hashtag yang cocok untuk mempublikasikan serta memasarkan produk Anda.

Buat Hashtag sebagai Kontes

Agar hashtag dapat terkenal, salah satu caranya adalah membuat kontes yang di dalam konten twitnya harus terdapat hashtag yang Anda tentukan. Apabila kontes tersebut banyak orang bergabung, hashtag dapat langsung populer.

Masuk ke Dalam Topik

Jika ingin brand Anda terkenal banyak orang, Anda harus aktif mengikuti setiap topik yang sedang hangat.  Ketika Anda masuk dalam topik tersebut dan ikut terbawa arusnya, selipkan beberapa hashtag di dalam twit Anda.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hashtag

Hal yang menjadi perhatian lagi adalah jangan terlalu sering membuat twit dengan hashtag yang sama. twitter akan mendeteksi hal tersebut sebagai spam. Jika hashtag menjadi spam, maka bukan hal yang tak mungkin hashtag akan dicekal oleh twitter.

 

Baca Juga: 

Buat Hastag Semudah Mungkin dan Konsisten

Disarankan untuk membuat satu hashtag yang mudah, gampang diingat, dan konsisten. Hal tersebut akan membuat orang mudah mengingatnya. Selain itu gunakan hashtag yang sama di beberapa twit penting Anda. Hal tersebut bertujuan untuk mengumpulkan semua topik yang berhubungan dengan produk Anda.

Itulah beberapa tips untuk memaksimalkan hashtag dalam media sosial khususnya pada instagram dan twitter. Selain memaksimalkan hashtag untuk strategi marketing, Anda juga perlu merumuskan strategi lain untuk mengembangkan bisnis Anda khususnya dalam ranah digital marketing.

Anda dapat memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.