NFT Marketing Sebagai Tren Pemasaran 2022

NFT marketing untuk strategi pemasaran

Ada berbagai macam strategi marketing technology yang belakangan ini memiliki banyak peminat. Salah satunya adalah NFT marketing strategy.

Para marketer memang kerap menggunakan berbagai jenis strategi pemasaran untuk meningkatkan angka penjualan dan mengonversi leads menjadi pelanggan potensial. Strategi pemasaran tersebut pun harus mengikuti tren dan perkembangan zaman, guna meningkatkan customer experience.

Bicara soal tren marketing, tentu saja akhir-akhir kita Anda sering mendengar istilah teknologi baru bernama NFT, bukan? Sebab, NFT dianggap sebagai salah satu digital marketing technology yang dapat menjanjikan kesuksesan bisnis di masa depan.

Bahkan CEO VaynerX, Gary Vaynerchuck, mengatakan bahwa, “Semua orang membutuhkan akun media sosial untuk menjalankan bisnisnya agar relevan di tahun 2021, sama halnya dengan tahun 2025, semua orang akan membutuhkan strategi NFT. ”

Lantas, apa itu sebenarnya NFT dan bagaimana penerapannya sebagai strategi marketing?

Apa Yang Dimaksud Dengan NFT?

NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token. Jadi NFT adalah bagian dari entri di blockchain yang berbentuk seni, dan menjadi bukti kepemilikan karya seni tersebut melalui smart contract yang ada pada blockchain.

Di dalam teknologi blockchain sendiri terdapat riwayat publik yang lengkap tentang kepemilikan, penjualan kembali dan penggunaan NFT. Sedangkan smart contract merupakan seperangkat aturan yang Anda buat terkait dengan kepemilikan collectible atau barang koleksi yang Anda miliki. Sehingga, dengan memiliki NFT, artinya Anda mempunyai sebuah karya seni digital, video, atau segala sesuatu dalam bentuk digital lainnya.

Sedangkan melansir laman Forbes, NFT adalah sebuah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti lukisan, seni musik, item dalam game, hingga video pendek. Aset tersebut diperjualbelikan secara online, sering kali dibayar dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan menggunakan software dasar yang serupa dengan aset crypto lainnya.

digital marketing agency

Agar bisa diperjualbelikan, NFT harus melalui proses minting. Yaitu proses pengubahan file digital menjadi koleksi kripto atau aset dalam blockchain. Proses minting sendiri memerlukan marketplace sebagai pihak ketiga atau agen minting, seperti OpenSea, Mintable, atau Theta Drop.

Salah satu contoh NFT yang sempat viral adalah Jack Dorsey yang menjual tweetnya di bulan maret 2021 lalu. CEO Twitter tersebut menjual tweet pertama sebagai NFT dengan harga mencapai 2,9 juta dollar. Siapa pun memang bisa screen shot dan memiliki cuitan tersebut. Namun, hanya Jack Dorsey dan pembeli NFT lah yang dapat menjualnya.

Baca Juga :

NFT Marketing untuk Strategi Pemasaran Masa Depan

menerapkan NFT marketing

Di masa akan datang, NFT akan menjadi bagian dari identitas online. Bahkan, NFT akan menjadi semakin populer seperti platform berbagi foto di media sosial Instagram atau berbagi video di YouTube. Di sinilah peluang NFT marketing bisa Anda terapkan. Terutama untuk consumer brands.

Hal ini karena NFT marketing dianggap sebagai salah satu metode terbaik untuk memasarkan aktivitas jual beli aset digital. Sebab, NFT menyediakan sertifikasi kepemilikan yang hanya bisa diakses pembeli dan penjual. Penerapan NFT marketing sendiri sudah merambah dalam banyak industri, mulai dari sektor bisnis, hiburan, hingga kesenian.

1. NFT dalam sektor kesenian

NFT menawarkan keamanan untuk karya yang akan dipublikasikan secara online. Teknologi blockchain dalam NFT memberikan jaminan bagi seniman atas kepemilikan karyanya. Ini menjadi cara bagi seniman digital yang selama ini sering mengalami masalah plagiarisme dan pencurian kreatif.

Selain itu, sistem smart contract yang ada dalam teknologi NFT juga memungkinkan seniman untuk melihat dan mencatat persentase royalti setiap kali karyanya berpindah tangan.

2. NFT dalam sektor bisnis

Di dunia bisnis, NFT berguna sebagai penghubung antara aset bisnis, seperti bukti kepemilikan tanah atau properti lainnya. Akta kepemilikan fisik yang dapat disimpan dianggap lebih aman dalam blockchain dengan proses verifikasi yang singkat.

Pembeli juga tidak perlu khawatir akan bahaya sertifikat dicuri orang lain. Pasalnya, data kepemilikan mereka sudah tercatat di dalam blockchain.

Baca Juga :

3. NFT dalam sektor hiburan

NFT kini membuka pasar untuk barang-barang koleksi yang memiliki potensi besar. Beberapa barang koleksi yang paling populer adalah cuplikan-cuplikan pertandingan dari NBA Top Shot, kucing virtual dari CryptoKitties, dan avatar-avatar unik dari CryptoPunks.

Pasar gaming yang berbasis NFT dan blockchain juga menjadi salah satu sektor paling menjanjikan dalam dunia kripto. Kebanyakan game NFT menggunakan skema pay-to-earn, di mana pemain bisa mendapatkan token dengan memainkan gim tersebut secara aktif.

Masa Depan NFT Marketing

Saat ini NFT mungkin masih tampak seperti marketing technology trend sesaat. Tetapi ada kemungkinan cepat atau lambat NFT akan menjadi tren strategi pemasaran yang tidak dapat Anda abaikan.

Jika Anda ingin mengikuti tren NFT, maka Anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut :

1. Download Digital Wallet

Langkah awal untuk mengenal NFT adalah Anda harus mendownload digital wallet atau dompet digital terlebih dahulu, yang bisa Anda gunakan sebagai alat pembayaran yang terintegrasi. Secara umum, digital wallet adalah suatu sistem yang dikembangkan untuk memudahkan setiap penggunanya dalam melakukan transaksi.

2. Kunjungi NFT marketplace 

Anda bisa mencoba untuk mengunjungi dan jelajahi seni digital sendiri di OpenSea atau Superrare. Keduanya adalah tempat yang baik untuk memulai mengenal dunia NFT.

3. Tetap Up To Date 

Setelah memiliki digital wallet dan mengetahui pasar NFT, Anda juga harus mengetahui berita terbaru tentang NFT. Sehingga Anda dapat mengetahui perkembangan NFT dengan lebih baik.

Demikian adalah ulasan mengenai NFT marketing untuk membantu kesuksesan bisnis Anda di masa depan. Dengan mengetahui tren marketing yang sattu ini, para marketer maupun perusahaan dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi aneka perubahan di dunia marketing dengan merancang bisnis plan maupun strategi pemasaran sebaik-baiknya.

Perlu Anda ingat bahwa saat ini NFT telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan. Sehingga, Anda pun harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mengimbanginya. Dengan demikian, NFT marketing bisa menjadi salah satu investasi masa depan untuk bisnis Anda.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.