Contoh Penerapan Strategi Marketing Mix 4P yang Menginspirasi

Contoh Penerapan Strategi Marketing Mix 4P yang Menginspirasi

Hingga saat ini, sudah ada banyak pilihan jenis strategi marketing yang bisa Anda terapkan untuk bisnis dari berbagai ukuran. Mulai dari perusahaan startup, enterprise anyaran, hingga bahkan setara UMKM. Nah, dari sekian strategi pemasaran tersebut, ada satu jenis strategi yang paling banyak pelaku bisnis gunakan, yaitu marketing mix 4P.

Pada dasarnya, marketing mix 4P merupakan sekumpulan variabel proses pemasaran yang lebih spesifik dan singkat daripada marketing mix 7P. Walaupun begitu, strategi marketing ini tidak kekurangan satu dan lain hal untuk segala proses memasarkan produk atau layanan suatu brand. Selain bisa diterapkan untuk berbagai ukuran, strategi pemasaran ini bisa juga diterapkan untuk berbagai niche bisnis, salah satunya bisnis kuliner/makanan.

Lalu, seperti apa teori dan praktik selengkapnya dari marketing mix 4P ini? Silakan baca artikel ini hingga selesai.

Penjelasan Singkat Marketing Mix 4P

Marketing mix 4P atau dalam bahasa Indonesia berarti bauran pemasaran 4P adalah kumpulan beberapa variabel pemasaran untuk berbagai barang atau layanan secara taktis, dinamis, dan signifikan.

Kata 4P sendiri merupakan kependekan dari Product (produk), Price (harga), Place (tempat), dan Promotion (promosi) untuk suatu barang atau layanan brand.

Marketing mix 4P bisa Anda gunakan untuk mengidentifikasi beberapa variabel utama bisnis Anda, mulai dari:

  • Apa yang konsumen inginkan dari produk atau layanan brand Anda.
  • Apakah dan bagaimana produk atau layanan Anda berhasil atau gagal memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Seperti apa produk atau layanan brand Anda dapat diakui konsumen di pasaran.
  • Bagaimana produk atau layanan Anda lebih menonjol dari milik kompetitor.
  • Bagaimana brand Anda berinteraksi dengan calon leads dan konsumen loyal.

Kini, dengan semakin berkembangnya teknologi digital membuat pemasaran 4P juga aktif dikaitkan dengan digital marketing mana pun. Misalnya penggunaan web dengan search engine marketing (SEM) dan content marketing, social media marketing, iklan digital (PPC), email marketing, hingga layanan afiliasi (affiliate).

Baca Juga:

digital marketing agency

Contoh Penerapan Strategi Marketing Mix 4P Pada Bisnis Kuliner/Makanan

Berbagai niche bisnis, tak terkecuali bisnis Food & Beverage (F&B) dari kalangan UMKM dan ritel besar pasti memiliki strategi pemasarannya masing-masing. Apabila Anda sedang mencari referensi penerapan marketing mix 4P terbaik, berikut ini kami ulas beberapa strategi marketing dari brand F&B dari dalam dan luar negeri.

1. HokBen

Contoh Penerapan Strategi 4P Hokben

HokBen atau Hoka-Hoka Bento adalah salah satu perusahaan lokal F&B cepat saji bergaya Jepang yang didirikan pada 18 April 1985. Selama hampir 37 tahun berdiri, HokBen konsisten untuk terus berinovasi dan menciptakan hal baru, baik dari segi produk hingga marketing campaign. Dengan begitu, HokBen bisa berkomitmen menjadi tempat makan makanan cepat saji favorit keluarga Indonesia.

#1 – Product

HokBen berfokus pada penyajian makanan bergaya Jepang yang cita rasanya telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Produk-produknya pun bervariasi, mulai dari ayam, daging sapi, ikan, paket bento (dewasa dan anak-anak), camilan tempura, minuman, dan dessert.

Dengan produk yang lebih beragam, perusahaan dapat mengurangi ketergantungannya hanya pada satu atau beberapa segmen pasar. Elemen bauran pemasaran HokBen menunjukkan bahwa perusahaan berinovasi produk baru untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan stabilitas bisnisnya. Hal ini terlihat pada fakta bahwa HokBen menciptakan menu sebagai seasonal product beberapa tahun lalu yang dimunculkan kembali saat awal pandemi 2020 lalu.

#2 – Price

Sebagai produk makanan dan minuman lokal, HokBen menghadirkan pilihan menu yang cukup terjangkau untuk keluarga Indonesia. HokBen menggunakan strategi penetapan harga produknya berdasarkan menu paket dan menu satuan.

Dalam strategi penetapan harga menu paket, HokBen menawarkan makanan dan paket produk lainnya dengan harga diskon, sehingga lebih murah daripada konsumen membeli setiap item secara terpisah. Misalnya, pelanggan dapat membeli paket Hoka Hemat atau Bento Special untuk mengoptimalkan biaya dan product value. Tapi, HokBen tidak menutup kesempatan konsumen untuk membeli produknya secara terpisah sesuai kebutuhan yang juga tersedia dengan harga spesial.

Baca Juga:

#3 – Place

HokBen fokus berekspansi ke beberapa kota di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali dengan mendirikan gerai on site lebih dari 170 gerai. Mayoritas gerai HokBen berada di dalam mal atau pusat perbelanjaan sejenisnya sehingga dapat menarik pengunjung mal sebagai konsumen mereka.

Yang tak kalah penting, HokBen menyediakan layanan bisnis berbasis online sebagai tempat pelanggan dapat mengakses informasi tentang produk perusahaan dan membeli produk tersebut. Aplikasi mobile memungkinkan pelanggan mengklaim penawaran khusus, menemukan lokasi restoran, memesan, dan membayar pesanan tersebut yang melibatkan restoran HokBen terdekat.

Tak hanya aplikasi perusahaan, HokBen juga bekerja sama dengan perusahaan jasa transportasi online GoJek (GoFood) dan Grab (GrabFood) dengan tujuan agar konsumen punya banyak pilihan dalam memesan produknya.

#4 – Promotion

Di antara tahapan marketing mix 4P, variabel ini berfokus pada komunikasi pemasaran dengan pelanggan sasaran. Sejak lama, HokBen menyasar konsumen anak-anak dengan menerapkan promosi gratis mainan apabila konsumen membeli produk Kidzu Bento.

Selain itu, HokBen rajin memberikan akses kode promo untuk syarat dan ketentuan dalam pembelian produk-produknya. Tak lupa tim marketing menggunakan channel marketing melalui media sosial seperti Instagram, Meta, dan TikTok serta tak jarang melakukan traditional marketing.

McDonald’s

Contoh Penerapan Strategi Marketing Mix 4P McDonnald's

Marketing mix McDonald’s Corporation melibatkan berbagai pendekatan yang memenuhi masalah bisnis di berbagai pasar restoran cepat saji di seluruh dunia. Misalnya, pusat franchise McDonald’s memiliki standar perusahaan untuk menerapkan produktivitas dalam pengelolaan setiap lokasi milik perusahaan dan waralaba. McDonald’s juga menerapkan beberapa variasi dalam bauran pemasarannya agar sesuai dengan kondisi pasar lokal atau regional.

#1 – Product

Produk McDonald’s memiliki daftar produk utama yang meliputi hamburger dan sandwich, ayam dan ikan, salad, camilan dan lauknya, minuman, makanan penutup, menu sarapan, dan McCafé. Di antara 4P, product merupakan penentu mendasar dari brand value McDonald’s. Dalam mendiversifikasi daftar produknya, perusahaan memenuhi permintaan pasar, meningkatkan revenue perusahaan, dan menyebarkan risiko (risk) dalam bisnisnya.

#2 – Price

Tujuan elemen marketing mix ini adalah untuk menggunakan harga sebagai strategi memaksimalkan profit margin dan volume penjualan. McDonald’s juga menggunakan kombinasi strategi penetapan harga bundel (paket) dan harga psikologis.

Di sisi lain, dalam penetapan harga psikologis, perusahaan menggunakan harga yang tampak jauh lebih terjangkau, seperti Rp__.999 daripada membulatkannya ke rupiah terdekat. Strategi penetapan harga ini membantu mendorong konsumen untuk membeli produk perusahaan berdasarkan persepsi keterjangkauan (affordability).

#3 – Place

Seperti yang Anda duga, McDonald’s fokus menempatkan produknya utamanya pada restoran. Namun, mereka juga menggunakan berbagai “tempat” sebagai bagian dari variabel 4P ini. Tempat utama McDonald’s mendistribusikan produknya adalah restoran, kios, aplikasi mobile McDonald’s, hingga website.

Beberapa restoran juga mengelola kios untuk menjual produk pilihan terbatas, seperti es krim, sundae, dan makanan penutup lainnya. Kios ini bersifat sementara, seperti dalam kasus kios yang digunakan dalam kompetisi olahraga dan acara musiman lainnya.

#4 – Promotion

Di antara 4P, variabel ini berfokus pada komunikasi pemasaran dengan pelanggan sasaran. McDonald’s menggunakan taktik ini dalam bauran promosinya yang disusun menurut signifikansi dalam bisnis, seperti beberapa jenis iklan (paling signifikan), sales promotion, public relation, dan direct marketing.

Iklan adalah yang paling menonjol di antara taktik promosi McDonald’s lainnya yang mana perusahaan menggunakan TV dan media online untuk iklannya. Di sisi lain, sales promotion digunakan untuk menarik lebih banyak pelanggan ke restoran perusahaan.

Yang paling terbaru dan menghebohkan seluruh dunia dan Indonesia, McDonald’s mempromosikan brandnya dengan berkolaborasi bersama boyband asal Korea Selatan BTS. Strategi promosi itu pun mendapat banyak sekali atensi dari berbagai lini pembeli walaupun pada saat itu seluruh dunia masih diterpa pandemi COVID-19 yang cukup tinggi.

Itulah beberapa contoh penerapan marketing mix 4P pada beberapa brand produk makanan yang Anda kenal sehari-hari. Sejatinya setiap strategi marketing yang sukses akan membutuhkan perbaikan dan penyempurnaan dalam jangka waktu tertentu.

Jika Anda mengembangkan strategi 4P ini untuk proses bisnis Anda, penting sekali untuk Anda pahami bahwa tiap elemen strategi pemasaran pertama yang Anda buat tidak berlaku untuk selamanya. Anda perlu menyesuaikan dan menyempurnakannya setiap kali produk perusahaan Anda tumbuh dan saat pembeli potensial Anda bertambah atau berkurang.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.