7 Faktor Keberhasilan User Experience yang Wajib Anda Ketahui

faktor keberhasilan user experience

UX atau user experience menjadi bagian tak terpisahkan dalam suatu bisnis. Bahkan di era tren digital marketing dan marketing 5.0 seperti saat ini, UX dan teknologi menjadi dua elemen utama yang paling penting untuk kesuksesan strategi marketing. Guna mengoptimalkannya, maka Anda perlu mengetahui 7 faktor keberhasilan user experience.

Sebab, user experience sendiri sejatinya adalah faktor kunci yang menentukan apakah bisnis Anda akan tumbuh, atau justru jatuh dan mengalami kegagalan. Pasalnya, UX adalah hasil interaksi dari setiap user yang telah menggunakan produk perusahaan.

Sehingga, UX berhubungan dengan cara orang-orang berinteraksi dengan produk perusahaan. Serta lebih fokus pada pengalaman penggunanya, seperti emosi, sentimen, respons, dan persepsi terhadap produk yang Anda tawarkan.

Jika Anda memberikan pengalaman yang bagus dan berkesan untuk pelanggan, maka customer satisfaction akan terpenuhi. Pelanggan pun akan dengan senang hati menggunakan produk Anda dan bahkan bisa menjadi pelanggan setia. Sebaliknya, jika Anda tidak bisa menciptakan UX yang efektif, maka peluang customer churn rate hingga gagal saing dalam market positioning juga akan semakin meningkat.

Lantas, apa saja faktor keberhasilan UX yang perlu Anda ketahui untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang efektif?

Apa Saja Faktor Keberhasilan User Experience?

Pada dasarnya, semua jenis strategi pemasaran maupun marketing technology tercipta untuk membuat user experience dan customer experience yang lebih baik. Sebab dengan user experience maupun customer experience yang efektif, maka angka kepuasan pelanggan pun akan meningkat.

Kepuasan pelanggan sendiri merupakan aspek penting agar bisnis tetap bisa bertahan dan berkembang. Karena jika pelanggan merasa puas, maka peluang untuk terus menggunakan produk, setia pada brand (brand loyalty), dan customer retention akan terbuka semakin lebar. Sebab pengalaman mengesankan bagi konsumen selama melalui customer journey akan membuat mereka memiliki ikatan emosional dengan brand Anda.

Akan tetapi, sayangnya masih banyak marketer yang belum sepenuhnya memahami faktor-faktor apa saja yang menentukan keberhasilan UX. Peter Morville, seorang pionir di bidang UX, menyatakan ada tujuh faktor yang memengaruhi user experience. Berikut ini penjelasannya masing-masing:

digital marketing agency

1. Useful (Berguna)

Melansir dari Interaction Design Foundation, faktor pertama dari user experience adalah useful atau kegunaan. Dalam proses product development, perusahaan tentunya ingin menciptakan suatu produk yang berguna bagi customer, bukan? Sebab tanpa memiliki manfaat atau kegunaan, produk tersebut tentu saja tidak akan memiliki nilai (product value).

Produk yang tidak berguna pastinya akan membuat pelanggan enggan untuk menggunakannya. Dengan demikian, hasilnya produk Anda pun akan gagal di pasaran dan justru memberikan kerugian bagi perusahaan. Sehingga, hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah menciptakan produk yang berguna agar customer mendapatkan manfaat setelah menggunakannya (customer value).

Baca Juga :

2. Usable (Bisa Digunakan)

Faktor keberhasilan user experience yang selanjutnya adalah usable. Sebab bukan hanya berguna, namun customer juga harus bisa menggunakan produk tersebut. Bayangkan, apabila customer tidak bisa menggunakan produk tersebut, tentunya Anda tidak akan tahu bagaimana pengalaman pelanggan yang mereka dapatkan setelah menggunakan produk Anda, bukan?

Sehingga, faktor yang satu ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengguna sudah bisa menggunakan produk itu secara efektif dan efisien. Jika belum, maka artinya Anda perlu melakukan evaluasi dan perbaikan. Sebab, 95% orang mengaku meninggalkan suatu produk karena merasa tidak bisa menggunakannya sehingga tidak memberikan manfaat apapun bagi mereka.

3. Findable (Mudah Ditemukan)

Katakanlah Anda memiliki produk yang bagus dan berkualitas, namun customer tidak bisa menemukannya dengan mudah. Tentu saja customer akan merasa kebingungan, bukan?

Contohnya, seorang customer sedang membuka akun social media Instagram dan menemukan iklan (Instagram ads) yang Anda pasang. Customer tersebut merasa tertarik dan kemudian membuka akun media sosial brand Anda. Dalam akun media sosial tersebut, Anda mengarahkan customer untuk mengunjungi website atau akun e-commerce guna melakukan transaksi pembelian.

Akan tetapi, saat mengunjungi website dan e-commerce sesuai dengan arahan, customer justru tidak dapat menemukan barang atau produk yang ia cari. Pada akhirnya, hal tersebut membuatnya untuk membatalkan pembelian. Dari contoh kasus tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa faktor findable ini sangat penting dalam proses pengembangan produk.

4. Credible (Terpercaya)

7 faktor keberhasilan user experience

Kepercayaan terhadap brand (brand authority) menjadi elemen penting untuk meningkatkan sales growth dan mendukung pertumbuhan bisnis. Sebaliknya, perusahaan akan sulit berkembang jika tidak memiliki kepercayaan dari pelanggannya. Itulah mengapa credible menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan UX.

Sebab suatu produk yang terbukti kredibel pasti akan lebih menarik pelanggan. Jika pelanggan sudah percaya dan merasa nyaman menggunakan produk tersebut, mereka pasti akan rela menghabiskan uang atau waktu untuk menggunakannya. Bahkan, mereka juga akan melakukan pembelian berulang dalam customer lifecycle.

Melansir dari Hashedin, untuk meningkatkan kredibilitas dari brand Anda, cobalah untuk menggunakan testimoni atau ulasan yang positif dari pengguna. Cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap brand secara signifikan.

Baca Juga :

5. Desirable (Diinginkan)

Faktor yang memengaruhi user experience selanjutnya adalah desirable. Semakin banyak customer yang menginginkan produk Anda, tentunya nilai produk tersebut juga akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, selain membuat produk yang berkualitas dan bermanfaat, Anda juga harus menciptakan produk yang memiliki daya tarik khusus atau unique selling point.

Dengan begitu, produk Anda akan berbeda dari pesaing dan jauh lebih standout. Hasilnya, ada semakin banyak pelanggan yang tertarik untuk menggunakan produk Anda.

6. Accessible (Mudah Diakses)

Customer tentu tidak ingin menggunakan produk yang sulit untuk mereka akses. Sehingga, accessible menjadi salah satu faktor keberhasilan user experience yang wajib Anda perhatikan.

Untuk mengetahui apakah customer mengalami kesulitan atau tidak dalam menggunakan produk Anda, maka Anda bisa melakukan survei. Cobalah untuk menerapkan survei Customer Effort Score (CES) pada pelanggan. Survei ini tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui tingkat kemudahan akses produk yang Anda tawarkan, namun Anda juga bisa mendapatkan customer feedback untuk insights pengembangan produk kedepannya.

7. Valuable (Bernilai)

Faktor terakhir dan tak kalah penting adalah seberapa bernilainya produk Anda bagi customer. Ini merupakan faktor krusial, di mana Anda wajib memerhatikan setiap produk yang Anda tawarkan harus memberikan nilai dan manfaat (brand value).

Sebab jika tidak memiliki nilai, maka kecil kemungkinannya produk tersebut akan sukses di pasaran. Bahkan bisa jadi, Anda malah akan kehilangan pangsa pasar karena produk Anda kurang memiliki nilai dan manfaat ketimbang milik kompetitor.

Demikian adalah ulasan mengenai faktor keberhasilan user experience yang perlu Anda ketahui. Sejatinya, UX adalah elemen penting untuk meningkatkan angka pertumbuhan bisnis (growth rate). Menciptakan UX yang efektif pun akan membantu bisnis Anda untuk berkembang dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu, selain mengoptimalkan UX, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.