5 Cara Mengembangkan Influencer Marketing Untuk Strategi Promosi Terbaik

5 Cara Mengembangkan Influencer Marketing Untuk Strategi Promosi Terbaik

Satu dekade yang lalu, lingkup strategi influencer marketing hanya terbatas untuk kalangan selebritas dan beberapa blogger terkenal. Tapi, sekarang Anda sudah bisa melihat siapa pun bisa menjadi influencer yang berdampak pada perkembangan jumlah influencer media sosial yang semakin naik untuk memenuhi target pasar yang lebih luas.

Kini, sudah hampir tidak mungkin Anda tidak akan melihat beberapa bentuk strategi pemasaran influencer ketika menelusuri media sosial. Karena umumnya, target market influencer adalah platform media sosial sebagai marketing technology terkini dan basis pengguna media sosial dari berbagai belahan dunia. Apa pun platform media sosial yang Anda gunakan, para influencer akan melakukan upaya pemasaran produk sesuai niche bisnisnya.

Para influencer akan selalu menemukan cara baru untuk mempromosikan produk bisnisnya atau produk bisnis orang lain di platform media sosial favorit mereka. Misalnya dalam bentuk postingan tradisional (carousel feed Instagram, Instagram content marketing) hingga Stories, Reels Instagram, dan konten video TikTok yang selalu populer untuk video marketing.

Hal ini membuat influencer marketing adalah salah satu bentuk pemasaran bisnis online atau digital marketing yang tergolong menjanjikan. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan angka konversi bisnis dan brand value perusahaan, inilah saatnya untuk mencoba jenis pemasaran ini.

Apa Itu Influencer Marketing?

Apa Itu Influencer Marketing?

Influencer marketing adalah salah satu jenis social media marketing yang mempromosikan produk menggunakan endorsement dari seorang influencer. Influencer sendiri merujuk pada seseorang yang berpengaruh dan dipandang sebagai ahli atau trend setter dalam niche pasar mereka.

Dengan kata lain, influencer marketing adalah gabungan dari marketing tools lama dan baru. Pasalnya, jenis pemasaran ini membutuhkan keterlibatan public figure yang berpengaruh dan menempatkan mereka ke dalam marketing campaign berbasis konten modern.

Baca Juga:

Influencer atau content creator umumnya akan menggunakan platform media sosial, blog, atau bahkan podcast sebagai media pemasarannya. Influencer marketing adalah bagian dari kampanye brand awareness yang juga membantu bisnis menghasilkan konversi dan penjualan bisnis.

digital marketing agency

Hingga saat ini, strategi pemasaran menggunakan influencer semakin efektif dan jadi andalan banyak bisnis. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya tingkat kepercayaan dan loyalitas yang influencer sosial bangun dengan pengikut mereka (customer loyalty) untuk mempermudah pengalaman penjelajahan konsumen (customer journey). Selain itu, bentuk pemasaran dari mereka berfungsi sebagai bentuk bukti sosial kepada pelanggan potensial merek Anda.

Cara Mengembangkan Strategi Influencer Marketing

cara mengembangkan pemasaran influencer

Sama seperti strategi pemasaran lainnya, program influencer marketing mengacu pada penargetan dan perencanaan yang disengaja. Strategi pengembangan bisnis Anda (business development) tidak akan menemukan kesuksesan strategis hanya dengan mengirimkan barang-barang gratis kepada semua orang yang Anda kenal lalu meminta mereka untuk mempromosikan kualitas produk Anda.

Anda perlu menerapkan beberapa langkah strategis untuk menciptakan pemasaran menggunakan influencer. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Riset Platform dan Influencer Sesuai Niche Bisnis Anda

Serupa dengan strategi apa pun, melakukan riset adalah langkah yang paling penting. Pilih platform yang ingin Anda fokuskan sebagai media pemasaran, misalnya media sosial Instagram, YouTube, TikTok, Meta, blog, podcast, dan lain-lain. Tidak masalah jika saat ini Anda hanya berfokus pada satu flatform terlebih dahulu, karena nantinya Anda akan punya kesempatan dan peluang untuk memperluas tahapan pemasaran bisnis Anda ke platform lain.

Setelah itu, lakukan riset mendalam pula pada industri tempat Anda berada. Misalnya, jika perusahaan atau brand Anda bergerak di industri kecantikan dan mode, manfaatkan media digital seperti Instagram dan YouTube.

Baca Juga:

Selama riset tersebut, Anda juga bisa sambil mempertimbangkan jenis pasar influencer yang Anda minati. Apakah Anda mencari influencer dari kalangan public figure dan selebritis dengan banyak pengikut? Atau microinfluencer dengan pengikut kurang dari 2000?

Tak sampai disitu karena Anda harus memilih seorang influencer yang cocok dengan niche bisnis Anda. Maksudnya, apakah influencer tersebut menggeluti bidang atau ketertarikan yang sama dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda pemilik bisnis food & beverage, maka carilah influencer yang konten utamanya adalah makanan. Seperti chef, food blogger, atau orang-orang yang suka wisata kuliner dan upload kegiatan mereka di media sosial atau blog.

2. Tentukan Anggaran dan Strategi Manajemen Influencer Marketing

Setelah Anda memiliki beberapa keputusan tentang apa yang harus Anda miliki untuk memulai influencer marketing, Anda perlu membuat anggaran promosi bisnis Anda. Pastikan juga untuk mempertimbangkan waktu dalam merencanakan, melaksanakan, dan meninjau program influencer Anda.

Tidak seperti strategi iklan otomatis seperti Google Ads, influencer adalah manusia dan sering kali bekerja sama dengan brand lainnya. Sehingga beberapa influencer bisa melakukan kesalahan seperti tidak memposting konten endorsement tepat waktu atau salah menempatkan tag akun dan call to action (CTA) sesuai dengan yang Anda minta.

3. Tentukan Tujuan dan Pesan Promosi Anda

Dua alasan paling umum untuk menggunakan influencer marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan. Namun, alih-alih menetapkan target tersebut sebagai tujuan Anda, akan lebih efektif untuk memulai strategi Anda dengan memenuhi kebutuhan brand Anda.

Mungkin Anda ingin meningkatkan basis pelanggan Anda menjadi terpusat pada kalangan anak muda. Atau Anda ingin memperluas ke grup pengguna baru dengan produk baru. Atau Anda ingin melewatkan tren dan memanfaatkan influencer untuk membicarakan brand value Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa influencer memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens dengan sangat spesifik. Alih-alih Anda mengandalkan ribuan pengikut sebagai bentuk pemasaran yang maksimal, influencer akan membantu Anda memastikan audiens yang sangat tertarget akan tertarik dengan produk Anda sehingga bisa segera terlibat dengan konten Anda. Bonusnya, influencer akan membantu bisnis Anda dalam meningkatkan angka retensi pelanggan (customer retention) bisnis Anda.

4. Hubungi Influencer

Sehubungan dengan poin pertama, pastikan bahwa influencer tersebut adalah benar-benar influencer terpercaya dan bisa bekerja profesional. Bagaimana caranya?

Mudah saja, carilah influencer yang memberikan informasi kontak yang jelas dan pasti bisa dihubungi kapan pun. Jika Anda mencari influencer yang berbasis platform Instagram, biasanya informasi kontak partnership tertera dalam bio profil Instagram sang influencer.

Setelah itu, barulah Anda bisa mengkomunikasikan maksud dan tujuan Anda menghubungi sang influencer, yaitu ajakan kerja sama endorsement dan kegiatan promosi bisnis lainnya. Bahkan jika kampanye pemasaran influencer Anda sedang berlangsung, Anda masih harus memonitoring dan mengukur kemajuan promosi Anda.

Penutup

Influencer marketing memberi Anda sebagai pemilik bisnis solusi terdepan, praktis, dan mudah yang memungkinkan tim pemasaran perusahaan Anda mencapai sasaran pendapatannya (revenue). Sebab, pemasaran influencer melibatkan brand yang berkolaborasi dengan influencer online untuk memasarkan salah satu produk atau layanan Anda.

Dalam semua kasus, influencer sejati akan mengembangkan reputasi sebagai ahli di bidangnya. Mereka adalah orang-orang yang memberikan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan Anda sebagai pihak yang menggunakan jasa mereka. Jika Anda berhasil memilih influencer yang tepat untuk brand Anda, maka Anda berkesempatan untuk terhubung dengan banyak pelanggan potensial (lead generation) yang sebelumnya tidak dapat Anda jangkau.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.