Manfaat Hybrid Event Marketing sebagai Strategi Pemasaran Populer di Era Digital

hybrid event marketing adalah

Hybrid event marketing menjadi salah satu tren digital marketing yang perlu Anda perhatikan di era sekarang. Sebab, tak bisa kita pungkiri bahwa pandemi membuat hampir semua kegiatan beralih secara online hingga hampir semua orang mulai terbiasa menjalaninya.

Inilah yang menjadi alasan kenapa event marketing yang bersifat online masih sangat diminati. Oleh sebab itu, Anda pun harus siap untuk menyediakan metode hybrid atau gabungan saat menggelar event marketing. Sehingga, partisipan  bisa bebas memilih datang secara langsung maupun secara online.

Mengutip dari martech, 65% marketer percaya bahwa event marketing secara hybrid menjadi salah satu jenis strategi pemasaran paling jitu di era digital seperti saat ini. Hal ini karena hybrid event adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat diaplikasikan di semua bisnis, serta memiliki andil besar dalam meningkatkan brand awareness, branding bisnis, hubungan baik (relationship) dengan konsumen, hingga customer loyalty.

Selain itu tidak hanya menguntungkan bagi penyelenggara acara dan sponsor, hybrid event marketing juga dapat menjadi sarana untuk saling menginspirasi, educational, sekaligus meningkatkan customer experience.

Strategi marketing ini pada dasarnya sama dengan pemasaran berbasis event sebagaimana biasanya. Bedanya, strategi hybrid ini mengombinasikan antara gelaran event bersifat offline dan virtual. Tujuannya adalah untuk mencapai keuntungan dengan meningkatkan brand awareness, sehingga akan ada lebih banyak leads yang tertarik untuk mengenal produk.

Untuk lebih jelasnya, simak langsung ulasan mengenai hybrid event marketing berikut ini.

Apa Itu Hybrid Event Marketing?

Hybrid event marketing adalah salah satu strategi marketing yang dilakukan dengan menyelenggarakan acara dengan tujuan untuk mempromosikan brand, produk atau jasa, baik secara offline maupun online.

Karena sebagaimana kita tahu, perkembangan teknologi yang kian canggih dan serba digital di era marketing technology seperti saat ini tentunya membuat marketer harus memerhatikan tren marketing yang berkembang dan turut beradaptasi. Hal ini bertujuan untuk menemukan strategi pemasaran yang paling efektif untuk meningkatkan keuntungan dan revenue bisnis.

digital marketing agency

Tanpa mengetahui tren marketing, para marketer tentunya akan kesulitan dalam melakukan riset market, menentukan target pasar, membangun hubungan dengan konsumen, hingga meningkatkan angka retensi atau customer retention.

Salah satu tren marketing yang wajib marketer terapkan untuk menambah wawasan dan memberikan pengalaman menarik pada calon konsumen adalah hybrid event marketing.

Yakni suatu strategi pemasaran di mana perusahaan atau brand menyelenggarakan event untuk memperkenalkan produk baru mereka (product launch) pada publik. Strategi ini mencakup seluruh hal terkait perlengkapan, peralatan, dan juga berbagai strategi promosi.

Promosi tersebut bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui event yang diselenggarakan, baik secara offline maupun online. Misalnya melalui tradisional marketing atau sosial media marketing (Instagram marketing, Facebook marketing, Twitter marketing), hingga email marketing.

Dengan adanya hybrid event, maka Anda bisa memperkenalkan brand secara langsung pada publik yang lebih luas tanpa terhalang waktu dan tempat, serta menciptakan kedekatan emosional antara konsumen dengan produk Anda.

Baca Juga :

Manfaat Hybrid Event Marketing

manfaat hybrid event marketing

Hybrid event adalah salah satu strategi pemasaran yang populer saat ini, dengan peluang closing maupun retensi yang menjanjikan. Sebab, pada dasarnya menggelar event merupakan strategi yang  mampu menghadirkan pengalaman tersendiri di benak para konsumen. Di mana konsumen berkesempatan langsung untuk melakukan interaksi dengan produk. Baik itu secara langsung maupun virtual.

Berikut ini adalah beberapa manfaat hybrid event marketing yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pada dasarnya, seluruh tahapan pemasaran atau marketing funnel dimulai dengan meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness pada calon konsumen. Bahkan sebanyak 64% marketer mengungkapkan bahwa alasan utama mengadakan hybrid event adalah untuk membangun kesadaran merek bagi perusahaan atau produk mereka.

Apabila konsumen merasa puas, maka bukan hal yang mustahil jika nantinya mereka akan sukarela memberikan testimoni dan membagikan pengalamannya tersebut dengan orang lain, baik dari mulut ke mulut maupun melalui review di media sosial. Dengan begitu, strategi ini menjadi langkah yang tepat untuk memperkenalkan brand Anda pada publik.

Jika brand awareness meningkat, maka akan ada lebih besar pula kesempatan untuk dapat mengkonversi lebih banyak calon pelanggan menjadi pelanggan potensial. Dengan demikian, hybrid event bisa menjadi salah satu cara utama bagi perusahaan untuk mengembangkan dan membangun branding.

2. Membuka Peluang Bisnis

Hampir 95% marketer percaya bahwa hybrid event memiliki dampak besar pada tercapainya bisnis plan yang mereka rancang, bahkan dapat membuka peluang bisnis.

Hal ini karena sebagai penyelenggara acara, Anda dapat mengumpulkan data customer melalui proses pendaftaran event. Proses pendaftaran akan menghasilkan data orang-orang yang sudah tertarik dengan produk, atau setidaknya termasuk dalam demografi target pasar Anda.

Nantinya, data tersebut akan sangat berguna sebagai acuan dalam menganalisa dan meningkatkan strategi business development kedepannya. Misalnya untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat, melakukan promosi, atau menindaklanjuti penawaran melalui saluran pemasaran yang perusahaan gunakan.

3. Membangun Hubungan dengan Konsumen

Manfaat selanjutnya adalah hybrid event dapat Anda jadikan sebagai salah satu strategi relationship marketing untuk membangun hubungan dekat dengan konsumen.

Sebanyak 93% marketer percaya bahwa hybrid event akan memberi kesempatan berharga untuk membentuk koneksi dengan konsumen. Interaksi yang terjadi di acara tersebut juga dapat membantu menciptakan brand loyalty dan brand authority, sekaligus memberi kesempatan bagi perusahaan untuk melakukan strategi product-led growth, guna menunjukkan keunggulan brand sebagai ujung tombak pemasaran.

Baca Juga :

Jenis Hybrid Event Marketing

jenis hybrid event marketing

Berikut ini adalah beberapa jenis hybrid event marketing yang bisa Anda coba :

1. Pameran Produk

Acara ini dilakukan untuk memperkenalkan berbagai produk perusahaan. Biasanya, pada suatu pameran akan ada banyak perusahaan lain yang bergabung. Pameran produk ini berhasil membantu 65% konsumen untuk memahami produk dengan lebih baik daripada marketing campaign biasa.

2. Workshop

Seminar atau workshop itu tak hanya bermanfaat untuk membangun koneksi, tapi juga mengedukasi konsumen Anda di saat yang sama. Ini merupakan jenis hybrid event marketing yang paling populer. Dalam acara ini, konsumen bisa melakukan interaksi maupun tanya jawab secara langsung terkait produk yang sedang Anda promosikan.

Workshop juga sangat identik dengan diskusi masalah ataupun isu tertentu dengan cara menghadirkan para pembicara yang profesional. Tujuannya adalah untuk menghimpun berbagai orang dengan goals yang sangat spesifik.

3. Event Launching

Suatu perusahaan bisa membuat acara event marketing untuk memperkenalkan varian produk terbarunya. Tujuannya adalah guna memperkenalkan berbagai fitur yang ada varian baru tersebut. Biasanya akan ada seorang brand ambassador yang akan memperkenalkan produk tersebut ke publik.

Itulah ulasan mengenai hybrid event marketing beserta manfaat dan jenisnya. Pada dasarnya, strategi ini merupakan salah satu langkah jitu untuk meningkatkan brand awareness dan menjalin interaksi secara personal dengan calon konsumen dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Apalagi dengan adanya pandemi yang membuat sebagian besar orang merasa lebih nyaman apabila melakukan segala sesuatu secara virtual.

Sementara itu, selain menerapkan hybrid event marketing, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.