Memahami Apa Itu Flagship Product Untuk Strategi Mengalahkan Kompetitor

Memahami Apa Itu Flagship Product Untuk Strategi Mengalahkan Kompetitor

Seiring dengan perkembangan zaman, pangsa pasar dari segala jenis niche bisnis terus berkembang. Kondisi ini membuat setiap perusahaan harus memiliki perencanaan bisnis serta strategi pemasaran dan branding terbaik agar perusahaan memiliki daya saing bisnis yang tinggi. Salah satu cara yang kini banyak diterapkan oleh perusahaan modern adalah kepemilikan flagship product.

Sebagai bagian dari strategi pengembangan produk (product strategy), produk flagship atau produk inti membuat perusahaan memiliki keunikan (unique value proposition) dalam hal nilai (brand value), identitas (brand identity), citra (brand image), dan bahkan reputasi brand di segmen pasar sasaran. Dan juga, produk inti tersebut membuat produk lain yang dihasilkan oleh perusahaan yang sama akan memiliki nilai lebih di pasar (product value) serta menjadikannya sebagai ujung tombak proses penjualan (product-led growth).

Melalui pendekatan penjualan produk yang menawarkan value based seperti ini, perusahaan berkesempatan dapat meningkatkan sales growth dan profit bisnis. Namun, bagaimana cara membuat dan memasarkan flagship product yang efektif?

Ketahui jawaban selengkapnya pada penjelasan artikel inMarketing di bawah ini!

Apa Itu Flagship Product?

Apa Itu Flagship Product?

Melansir dari situs Corporate Cases, flagship product adalah produk atau layanan terbaik dari suatu perusahaan yang mana mengidentifikasikan keseluruhan produk. Maksudnya, di antara berbagai produk atau layanan lain yang perusahaan tawarkan, produk atau layanan flagship adalah produk atau layanan yang paling terkenal di antara sebagian besar target pasar.

Produk flagship atau produk inti ini umumnya dirancang dengan sangat baik dan dibuat sangat menarik sehingga memiliki poin keunikan tertentu (unique selling point) dibandingkan dengan produk lain dari perusahaan. Sebab, tujuan dari adanya produk flagship adalah merepresentasikan nilai atau identitas perusahaan yang terbaik untuk pelanggan.

Baca Juga:

Produk flagship yang juga disebut produk atau layanan inti umumnya merupakan penghasil pendapatan (revenue) utama dan indikator keunggulan kompetitif perusahaan. Sebab, perusahaan akan melakukan banyak promosi dan iklan atau kampanye pemasaran di berbagai saluran pemasaran untuk memasarkan produk andalan mereka secara luas (mass marketing atau differentiated marketing). Walaupun pada dasarnya perusahaan akan menetapkan harga (pricing) yang tinggi pada produk flagship.

Kendati begitu, produk inti ini membuat perusahaan mampu mengembangkan (business development), menumbuhkan (business growth), dan juga mengekspansi bisnis (brand extension) dengan lebih mudah. Ambil contoh iPhone adalah flagship product dari perusahaan Apple Inc. Atau Windows OS dan Office Suite adalah produk flagship dari Microsoft Corporation.

Ciri-Ciri Flagship Product

Sesuai dengan deskripsi di awal, flagship product menjadi produk bisnis terbaik dan unggul yang mana secara tak langsung memiliki keunikan karakteristik. Bukan hanya dari segi harga atau tampilan, produk flagship memiliki ciri-ciri berikut ini.

1. Memiliki Bahan dan Fitur Terbaik

Supaya produk dianggap sebagai produk unggulan dari suatu brand, perusahaan harus merancang dan mengembangkan produk yang memiliki bahan dan fitur yang berkualitas. Tidak hanya sekali, perusahaan harus terus berupaya merancang produk yang termutakhir setiap tahun atau seiring dengan kebutuhan pelanggan (demand).

Tujuan penggunaan bahan dan fitur berkualitas adalah untuk menjadikan produk sebagai senjata ampuh menghadapi persaingan dengan kompetitor bisnis. Sehingga perusahaan dapat mempertahankan posisi terbaik di pasar (brand positioning) serta tidak mudah kehilangan pelanggan potensialnya (customer churn).

Baca Juga:

2. Memiliki Pengaruh Untuk Mengalahkan Produk Lain

Sejatinya suatu perusahaan akan mengembangkan lebih dari satu produk untuk ditawarkan ke target konsumen. Akan tetapi, mereka harus menentukan produk mana yang menjadi produk unggulan dan bersaing dengan kompetitor.

Berkaitan dengan poin pertama, pemilik perusahaan beserta stakeholder dan tim proses bisnis lainnya harus menciptakan produk yang bermanfaat. Sehingga nantinya perusahaan akan memiliki pengaruh (brand authority) dan brand engagement yang tinggi bagi kompetitor lainnya.

Strategi Menciptakan dan Memasarkan Flagship Product

Apabila brand perusahaan berencana meluncurkan produk (product launch) dengan spesifikasi yang setara sebagai flagship product. Maka perusahaan harus menerapkan strategi-strategi pengembangan dan pemasarasan produk berikut ini.

1. Rancang Desain, Spesifikasi, dan Fitur Terbaik

Untuk dapat masuk ke dalam jajaran daftar produk unggulan, sangat penting untuk perusahaan menjaga produk tetap terbaik dalam segala aspek. Dalam hal ini, membuat desain, spesifikasi, dan fitur produk yang bagus sangatlah penting.

Sebuah desain, spesifikasi kualitas, dan fitur yang baik dari produk apapun akan meningkatkan kinerja produk. Hal ini akan membantu brand dapat menarik perhatian pelanggan dan membantu brand menjaga produk di posisi teratas pasar (product position). Dalam membuat desain maupun fitur suatu produk, perusahaan perlu memahami kebutuhan pasar dan perilaku konsumen.

2. Tentukan Teknologi Pendukung

Berkaitan dengan fitur yang digunakan, Anda harus mempertimbangkan dasar teknologi pendukungnya. Agar perusahaan terkesan transparan tentang produknya, Anda dapat menjelaskan kualitas teknologi yang digunakan sebagai bentuk komunikasi baik dengan pelanggan (corporate communication), baik dalam hal pemasaran (marketing communication) atau penjualan.

3. Tetapkan Harga Produk

Harga produk menjadi salah satu aspek penting lainnya yang menentukan apakah suatu produk masuk dalam daftar unggulan atau tidak. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan menemukan produk flagship memiliki harga yang tinggi atau mahal dibandingkan dengan semua produk brand lainnya. Hal ini karena mengikuti penggunaan teknologi dan jumlah fitur terbaik yang perusahaan tawarkan kepada konsumen.

Kendati demikian, Anda bisa mengakalinya dengan memasarkan produk secara khusus dan menonjolkan keunggulan-keunggulan produk yang dapat menarik perhatian konsumen.

4. Jalankan Pengembangan Produk yang Paling Efektif

Setelah ketiga strategi di atas, barulah Anda bisa mulai mengembangkan produk dengan tujuan menciptakan flagship product. Baik itu dalam pengembangan sementara atau berkelanjutan (sustainable development). Lalu, Anda juga harus rutin mengevaluasi performa produk di pasar melalui strategi analisis pasar agar tahu kapan harus memperbarui produk.

Itulah penjelasan singkat tentang flagship product yang perlu Anda pahami . Bagi Anda yang berencana menjalankan strategi pemasaran tertentu untuk mendukung pengembangan produk flagship, Anda bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency untuk membantu Anda menyusun perencanaan bisnis terbaik dan efektif. Anda juga bisa menerapkan strategi marketing lain, seperti growth hack marketing, inbound marketing, 360 digital marketing, serta data driven marketing yang akan membuat pertumbuhan perusahaan Anda semakin berkembang pesat.

Baca Juga: