Panduan Cara Beriklan di Facebook Ads dan 5 Tips Memaksimalkannya

facebook ads

Strategi promosi dan marketing campaign memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis. Baik secara offline melalui tradisional marketing maupun online seperti social media marketing. Salah satunya adalah Facebook, dengan jumlah pengguna yang terus mengalami peningkatan signifikan tiap tahunnya. Untuk memaksimalkan strategi pemasaran dengan menggunakan platform media sosial yang satu ini, Anda bisa mencoba Facebook Ads.

Social media sendiri kini menjadi pilihan utama dalam mempromosikan bisnis, baik bagi perusahaan besar, perusahaan kecil dan rintisan (startup), atau bahkan usaha kecil menengah (UMKM). Selain memiliki jangkauan target pasar yang lebih luas, pemasaran menggunakan media sosial juga lebih hemat dari segi biaya dan memberikan hasil yang efektif.

Salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak adalah Facebook. Media sosial yang sekaligus merupakan social messaging ini menempati urutan teratas sebagai platform online dengan jumlah pengguna paling banyak. Penggunanya pun tersebar dari berbagai rentang usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Untuk memaksimalkan jenis strategi pemasaran menggunakan platform yang satu ini, tak ada salahnya apabila Anda memanfaatkannya untuk beriklan. Lantas, bagaimana caranya menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan bisnis?

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah suatu media untuk melakukan promosi atau pemasangan iklan dengan target yang meliputi semua pengguna Facebook. Bentuk dari iklan yang ada pada platform ini ada berbagai macam. Mulai dari teks, foto, video, banner, dan masih banyak lainya. Biasanya, iklan akan tampil pada bagian sidebar atau di antara postingan.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memasang iklan di Facebook. Antara lain membantu brand Anda lebih dikenal banyak orang (meningkatkan brand awareness) dan mampu menarik perhatian lead. Sehingga peluang untuk meningkatkan conversion rate pun akan semakin tinggi. Selain itu, memasang iklan di Facebook juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan jumlah impression dan traffic.

Di sisi lain, saat ini Facebook Ads sendiri telah sejajar dengan platform iklan populer seperti Google Ads. Namun, Facebook memiliki beberapa kelebihan. Antara lain target pasar yang lebih spesifik, dan peluang untuk viral yang lebih tinggi. Selain itu, biayanya pun cenderung relatif terjangkau ketimbang beriklan di Google.

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads

cara menggunakan facebook ads

Sebenarnya memasang iklan di Facebook Ads bukanlah hal yang rumit. Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan :

digital marketing agency

1. Buka Facebook Ads dan Pilih Pembuatan Iklan Terpadu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentunya adalah membuka halaman Facebook Ads milik Anda. Anda harus login ke akun Facebook terlebih dahulu untuk melakukannya.

Di halaman Facebook, terdapat halaman kampanye. Masuklah ke halaman tersebut dan lihat pilihan yang tersedia. Pilihan tersebut di antaranya adalah pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat. Anda bisa mulai dengan memilih pembuatan iklan terpadu.

Pembuatan iklan terpadu akan memungkinkan Anda melakukan pengaturan secara spesifik. Misalnya iklan seperti apa yang ingin Anda buat dan siapa target pasar dari iklan tersebut.

Baca Juga :

2. Memilih Tujuan Iklan

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa menentukan tujuan dari iklan tersebut. Tujuan yang bisa Anda pilih antara lain peningkatan kesadaran merek (brand awareness), traffic ke website dan jangkauan yang lebih luas, ataukah peningkatan konversi. Apabila Anda sudah menentukan tujuan dari iklan, Anda bisa memilih  sesuai dengan tujuan bisnis.

3. Memilih Jenis Iklan Facebook

Tahap berikutnya adalah memilih jenis iklan Facebook. Pada halaman pembuatan iklan yang ada di Facebook, tersedia dua pilihan jenis iklan. Yaitu iklan uji split dan iklan pengoptimalan anggaran.

Anda hanya bisa memilih salah satu karena kedua jenis iklan ini tak bisa Anda jalankan dalam waktu bersamaan. Oleh sebab itu, pilih jenis iklan yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan bisnis yang Anda jalankan.

4. Penulisan Nama Iklan dan Pemilihan Tujuan Trafik

Berikutnya Anda perlu memberikan nama iklan agar bisa menjalankan kampanye pemasaran atau digital marketing campaign. Pemberian nama ini akan memudahkan Anda untuk memantau dan melakukan analisis hasil iklan.

Selain itu, Anda juga harus menentukan tujuan trafik. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengarahkannya ke salah satu platform media sosial bisnis Anda. Misalnya Instagram, TikTok, Twitter, YouTube, website dan blog perusahaan, Whatsapp, Telegram, messenger, dan lain sebagainya.

5. Tampilkan Promo

Apabila bisnis Anda memiliki promo, maka Anda bisa menampilkannya. Caranya Anda cukup mencentang pilihan promo yang sudah tersedia pada halaman ikan Facebook. Promo ini berguna untuk menarik minat lead untuk melakukan pembelian atau konversi.

6. Menentukan Target

Penentuan target pasar atau target audiens menjadi tahap penting selanjutnya. Tujuannya agar iklan yang Anda pasang lebih terarah dan menyasar target yang lebih spesifik.

Untuk menentukan target, Anda perlu menyesuaikannya dengan produk atau brand yang Anda iklankan. Contohnya apabila Anda ingin mengiklankan produk fashion remaja, maka target pasar Anda adalah para remaja hingga dewasa muda. Selain berdasarkan usia, penentuan target juga bisa berdasarkan segmentasi lainnya. Misalnya jenis kelamin, lokasi, penghasilan, hingga perilaku dan kebiasaan (consumer behavior).

Baca Juga :

7. Menentukan Penempatan Iklan

Langkah selanjutnya adalah menentukan penempatan atau lokasi pemasangan iklan. Pada bagian ini sebaiknya pilih yang otomatis saja. Sehingga Anda akan membiarkan Facebook yang mengatur penempatan iklan. Hal ini karena Facebook akan menempatkan iklan Anda pada area terbaik. Sama halnya seperti native ads yang cenderung tidak akan mengganggu user experience.

8. Memilih Jadwal, Format, dan Deskripsi Iklan

Tahap berikutnya adalah memilih jadwal, format, dan deskripsi iklan. Pemilihan jadwal tayang berkaitan dengan berapa lama iklan yang Anda miliki akan tampil di Facebook. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan serta budget yang Anda miliki.

Kemudian Anda bisa memilih pengaturan format iklan. Misalnya dalam bentuk carousel, gambar tunggal, tayangan slide, video, dan sebagainya. Jangan lupa pula untuk membuat deskripsi dari iklan. Upayakan untuk membuat deskripsi dengan copywriting yang menarik, informatif, dan memberikan gambaran lengkap tentang produk Anda.

9. Memilih Gambar, Judul, dan Tautan

Setelah itu, Anda bisa memilih gambar yang ingin Anda masukkan, menulis judul iklan yang Anda buat, dan memasukkan link atau tautan yang ingin dituju dari iklan tersebut.

10. Membayar Iklan Facebook

Usai menyelesaikan tahapan di atas, berarti iklan Anda telah siap tayang. Namun sebelum itu, Anda perlu melakukan pembayaran iklan. Anda perlu melakukan top up di akun Facebook Ads dan Facebook akan mengurangi saldo yang tersedia sesuai dengan anggaran iklan yang juga sudah Anda tetapkan.

Pembayaran iklan Facebook bisa Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit, debit, hingga menggunakan aplikasi pembayaran pihak ketiga.

Tips Memaksimalkan Facebook Ads

tips memaksimalkan facebook ads

Setelah mengetahui bagaimana caranya memasang iklan di Facebook Ads, maka Anda juga harus bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan konten atau bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Buat Konten yang Relevan

Dalam setiap digital marketing, konten adalah hal paling penting yang wajib Anda perhatikan dengan seksama. Pastikan konten Anda relevan dengan tren atau isu hangat saat ini, terutama bagi target iklan Anda. Sebab, mayoritas pengguna media sosial adalah orang-orang yang takut ketinggalan tren (FOMO). Sehingga Anda bisa membuat konten marketing yang relevan untuk memancing perhatian mereka.

Selain konten yang relevan, Anda juga bisa membuat konten yang informatif, inspiratif, bersifat educational, serta memancing emosional audiens. Sebab, survei menunjukkan bahwa 80% orang lebih menyukai konten dengan tema seperti itu ketimbang konten yang terkesan memberi paksaan untuk membeli produk.

Baca Juga :

2. Bidik Target Berkualitas

Apabila Anda memiliki sejumlah daftar email aktif, maka Anda dapat memanfaatkannya untuk target likers selanjutnya. Anda bisa menggunakan Ads Sponsored Search atau Ads Marketplace.

Namun, jika Anda memiliki daftar email yang berkualitas namun jumlahnya sedikit, Anda dapat membidik target-target berkualitas lainnya dengan menggunakan fitur create similar audience pada menu power editor. Dengan begitu, Anda bisa membidik target-target berkualitas yang masih berada di luar jangkauan.

3. Targetkan Konsumen Kompetitor

Tips selanjutnya adalah Anda dapat menargetkan konsumen kompetitor atau pesaing. Caranya, Anda bisa memanfaatkan precise interest untuk menargetkan pelanggan yang potensial dengan jangkauan yang lebih luas.

Misalnya Anda memiliki bisnis penjualan fashion, maka Anda dapat membidik fanpage dengan konsumen-konsumen fashion populer. Semakin banyak share yang Anda hasilkan, maka semakin banyak pula orang yang mengenal bisnis Anda.

4. Promosikan Konten dengan Kinerja Terbaik

Anda bisa menggunakan analisis data untuk mengetahui konten mana yang sekiranya memiliki performa terbaik secara organik. Kemudian gunakan Facebook Ads untuk memperkuat konten tersebut. Jika konten tersebut memberikan kinerja yang baik secara organik, maka kemungkinan besar konten itu akan menunjukkan performa yang lebih baik dengan versi berbayar.

5. Analisis Hasil

Pada dasarnya semua strategi membutuhkan analisa untuk mengetahui kinerjanya. Begitu pula dengan Facebook Ads. Anda bisa mempelajari reaksi dan minat audiens. Termasuk komentar dan engagement rate untuk setiap konten. Konten video biasanya akan memberikan lebih banyak data, termasuk waktu rata-rata menonton para audiens.

Gali analitik untuk melihat konten dengan kinerja terbaik berdasarkan target audiens. Kemudian cermati karakteristik konten yang audiens sukai. Selanjutnya, Anda bisa fokus melakukan promosi konten yang menarik bagi audiens.

Demikian adalah tips memaksimalkan Facebook Ads yang bisa Anda coba. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda untuk memaksimalkan strategi pemasaran sekaligus meningkatkan sales growth bisnis.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.