10 Cara Meningkatkan Jumlah Followers Instagram Paling Efektif 2022

meningkatkan followers instagram

Tak bisa kita pungkiri kalau saat ini jumlah pengikut atau followers di Instagram turut menjadi faktor penting untuk menentukan kesuksesan strategi pemasaran. Bagi Anda yang ingin memaksimalkan platform IG sebagai saluran pemasaran, maka ketahui cara meningkatkan followers Instagram berikut ini!

Pemasaran melalui media sosial (social media marketing), terutama Instagram, memang tengah menjadi salah satu jenis strategi marketing paling populer saat ini. Terutama apabila akun Instagram Anda memiliki jumlah pengikut yang banyak. Sebab, followers bukan hanya sekadar angka, melainkan menunjukkan berapa banyak anggota komunitas online (community) yang Anda miliki.

Artinya, semakin banyak jumlah pengikut yang akun Anda miliki, maka peluang kesuksesan marketing campaign pun akan semakin meningkat. Anda akan jadi lebih terbantu dalam menyebarkan brand awareness, branding, hingga menjaring lead baru dan meningkatkan angka konversi (lead conversion). Hasilnya, Anda pun bisa mendapatkan lebih banyak penjualan (sales growth) dan profit.

Nah, melalui artikel inMarketing berikut ini, kami akan memberikan tips dan trik jitu untuk menaikkan jumlah pengikut yang Anda miliki!

Cara Meningkatkan Jumlah Followers Instagram 2022

Berikut ini adalah 15 cara yang terbukti ampuh untuk meningkatkan jumlah pengikut akun Instagram yang bisa Anda coba, sebagaimana melansir dari Later.com:

1. Atur Feed Instagram Anda untuk Kesan Pertama yang Kuat

Jika Anda aktif menggunakan Instagram, tentunya Anda bisa membedakan mana feed yang menarik dan yang tidak. Orang-orang cenderung menyukai feed IG yang tertata rapi, konsisten, dan bisa menampilkan niche maupun value proposition dengan jelas.

Maka dari itu, salah satu trik jitu untuk menarik perhatian audiens (menjadi lead magnet) adalah dengan mulai menata feed IG Anda. Sehingga saat audiens target (target pasar) mengunjungi profil Anda, maka mereka akan langsung memahami akun tersebut.

Untuk membuat feed IG yang bagus, Anda bisa menggunakan tools visual planner guna mengaturnya sebelum memposting. Namun sebelum itu, ketahui benar apa yang ingin Anda tampilkan melalui postingan Anda, serta kesan apa yang ingin Anda tunjukkan pada audiens yang membuka profil Anda untuk pertama kalinya.

digital marketing agency

Baca Juga :

2. Manfaatkan Instagram Reels

Apabila Anda belum menggunakan Instagram reels, maka cobalah fitur yang satu ini. Sebab, Anda bisa kehilangan peluang besar untuk meningkatkan jumlah followers.

Bukan tanpa alasan. Pasalnya seiring dengan popularitas video marketing yang kian menanjak di era sekarang, postingan berbasis video (seperti reels dan IGTV) menjadi magnet kuat untuk menarik perhatian sales lead. Bahkan menurut data Hootsuite, reels bisa meningkatkan engagement Instagram hingga 300% lebih banyak.

Ini berarti, reels akan dengan mudah membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens, sekaligus meningkatkan visibilitas Anda di Instagram. Sehingga, akan ada banyak prospek yang mudah menemukan akun Anda dan bisa dikonversi sebagai pelanggan tetap.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa menerapkan tips berikut ini:

  • Gunakan kata kunci dan hashtag dalam teks reels yang secara akurat menggambarkan konten video
  • Pakai suara (sound) yang sedang tren dan viral
  • Pastikan video reels Anda tidak terlalu panjang untuk mendorong penayangan berulang
  • Buat konten video asli (orisinal)
  • Tambahkan teks di layar untuk audiens yang menonton tanpa suara
  • Pastikan Anda mengunggah video dengan kualitas tinggi

3. Optimalkan Postingan dengan SEO Instagram

cara meningkatkan followers instagram

Cara berikutnya adalah mengoptimalkan postingan Anda dengan SEO Instagram. Seperti yang kita tahu, postingan yang sesuai dengan struktur SEO dan algoritma Instagram akan membantu audiens untuk lebih mudah menemukan akun Anda. Bahkan, optimasi SEO terbukti mampu meningkatkan jumlah pengikut secara signifikan.

Ini karena saat audiens mengetikkan keyword atau kata kunci, mereka akan dengan mudah menemukan postingan yang relevan. Bahkan menurut update terbaru dari Instagram, mayoritas pengguna lebih senang melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci ketimbang mencari akun.

Melansir dari The Verge, tim Instagram kini tengah mempertimbangkan sejumlah faktor untuk mendukung kemudahan dalam pencarian menggunakan keyword. Antara lain jenis konten, keterangan postingan, waktu posting, hashtag, dan lebih banyak lagi untuk memunculkan hasil yang relevan.

Bahkan, Instagram juga menggunakan machine learning untuk menemukan konten berkualitas tinggi bagi audiens. Inilah sebabnya, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan SEO Instagram.

4. Perhatikan Hashtag

Tagar atau hashtag menjadi salah satu elemen kunci untuk membantu meningkatkan jumlah followers Anda. Berdasarkan riset dari Later, dari 18 juta postingan di Instagram, hashtag terbukti dapat meningkatkan jangkauan (reach) hingga 11% (dari24% menjadi 35%).

Misalnya, untuk akun dengan 20 ribu pengikut, artinya akun tersebut dapat meraih 2.2 reach tambahan per posting.

Kendati demikian, Anda tidak bisa asal memasukkan tagar begitu saja. Instagram memang memberikan batas maksimal 30 tagar pada tiap postingan. Namun, Instagram juga mencatat bahwa mayoritas tagar tersebut bersifat spam atau tidak berguna. Maka dari itu, gunakan jumlah tagar yang ideal sesuai dengan postingan Anda.

Baca Juga :

5. Adakan Instagram Giveaway

Di antara berbagai macam strategi marketing campaign atau kampanye pemasaran lainnya, salah satu yang terbukti dapat memberikan hasil maksimal adalah contest marketing campaign. Sebab, strategi ini dapat meningkatkan keterlibatan atau engagement secara signifikan. Contohnya adalah giveaway.

Strategi giveaway dapat menumbuhkan pengikut dengan cepat. Bahkan, Later menyebutkan kalau giveaway bisa mendorong ribuan pengikut baru.

Meski begitu, Anda juga harus tetap memerhatikan persyaratan yang jelas dan dapat mendukung pertumbuhan jumlah followers. Misalnya Anda mengadakan giveaway berupa kuis. Anda memberikan persyaratan bahwa audiens harus menjawab kuis dengan benar, menandai teman di kolom komentar, membagikan kuis giveaway di Instagram Story, serta mengikuti akun Anda.

Selain itu, pastikan pula bahwa Anda memberikan hadiah yang menarik bagi audiens yang menang. Tujuannya adalah untuk memancing lebih banyak keterlibatan terhadap brand (brand engagement).

6. Bermitra atau Menjalin Kerja Sama dengan Influencer

Sosok influencer atau KOL memang tidak bisa terpisah dari Instagram marketing. Maka dari itu, Anda perlu menjalin kerja sama (partnership) dengan mereka guna meningkatkan jumlah pengikut.

Dengan kemitraan ini, maka baik Anda maupun pihak influencer akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Anda akan memperoleh manfaat dari kerja sama tersebut dan mendapatkan banyak lead potensial maupun pengikut baru. Sementara itu, influencer juga akan mendapatkan imbalan atas kerja sama dan strategi promosi yang dilakukan untuk mempromosikan brand Anda sesuai dengan rate card.

Menariknya, Anda tidak harus bekerja sama dengan influencer yang sudah memiliki nama besar dan terkenal. Justru, nano influencer atau micro influencer biasanya memiliki engagement rate yang lebih tinggi daripada macro influencer. Selain itu, micro influencer juga memiliki rate card yang lebih murah untuk postingan bersponsor.

Jadi, Anda bisa memilih influencer berdasarkan anggaran atau budget yang Anda miliki.

7. Buat Jenis Konten yang Menarik dan Dapat Diakses Semua Orang

tips meningkatkan followers instagram

Jenis konten marketing yang Anda bagikan tentunya juga akan sangat berpengaruh pada jumlah pengikut yang Anda miliki. Sebab, biasanya audiens akan tertarik untuk mengikuti akun yang relate atau relevan dengan preferensi mereka. Maka dari itu, buatlah content plan dengan matang sebelum memposting konten Instagram.

Meskipun Anda menggunakan akun Instagram untuk bisnis, namun bukan berarti Anda harus selalu membagikan konten yang berisi promosi. Selingi juga dengan jenis konten lainnya agar tidak monoton dan membuat audiens bosan. Misalnya konten educational, konten nostalgia, konten viral, atau bahkan konten berisi meme yang sedang tren.

Namun, jangan lupa pula untuk memerhatikan jenis konten apa yang bisa memenuhi engagement metrics tertinggi. Dengan menganalisisnya, maka Anda bisa memaksimalkan jenis konten tersebut sesuai dengan preferensi target pasar Anda.

Caranya adalah dengan melihat Instagram Analytics untuk memantau respon, feedback, dan sentimen audiens terhadap postingan secara spesifik. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan insights terkait jenis konten apa yang paling potensial untuk menumbuhkan pengikut baru.

Selain itu, jangan lupa untuk menjadikan konten Anda bersifat accessible atau dapat diakses oleh semua orang.

Sebab, WHO menyebutkan bahwa ada lebih dari 430 juta orang di dunia adalah tunarungu, serta sekitar 2,2 miliar orang memiliki gangguan penglihatan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar konten Instagram bisa menjadi accessible:

  • Tambahkan subtitel ke konten video
  • Tulis teks alternatif deskriptif secara manual untuk postingan Instagram Anda
  • Gunakan huruf besar untuk setiap kata dalam hashtag Instagram. Ini membantu screen reader untuk membacanya dengan keras dan benar

Baca Juga :

8. Promosikan Akun Instagram di Platform Lainnya

Ini merupakan salah satu trik paling dasar untuk meningkatkan kesadaran audiens terhadap akun Instagram Anda. Yaitu dengan mempromosikan akun Instagram tersebut pada saluran pemasaran lainnya. Misalnya di platform TikTok, Twitter, Facebook, YouTube, dan lain sebagainya.

Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan jumlah pengikut Anda. Selain saluran media sosial, Anda juga bisa mempromosikan akun melalui situs web dan blog, email newsletter, podcast, social messaging, dan lain sebagainya.

9. Dorong Keterlibatan Konten Buatan Pengguna (UGC)

Jika bicara tentang strategi social media marketing, tentu kita tidak bisa lepas dari user generated content (UGC). Sebab secara tak langsung, kehadiran UGC akan sangat membantu dalam proses branding bisnis dan meningkatkan jumlah pengikut di Instagram.

Ini karena UGC adalah konten pribadi di mana pengguna akan memberikan ulasan, opini, atau testimoni terhadap suatu brand. Sehingga, mereka dapat meningkatkan kesadaran merek dan brand loyalty dari audiens lainnya. Biasanya, audiens akan lebih memercayai konten UGC karena pemilik konten akan memberikan ulasan secara jujur. Artinya, ini adalah konten mandiri di mana pemilik konten sama sekali tidak bekerja sama dengan brand terkait.

Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan cara membagikan ulang konten dari UGC. Namun, pastikan bahwa Anda membagikan konten yang dapat menguntungkan brand. Jangan membagikan konten yang justru berisi ulasan negatif tentang brand Anda.

10. Posting Secara Konsisten dan Terjadwal

Cara terakhir adalah dengan memposting konten secara konsisten dan terjadwal. Maksudnya, tentukan berapa kali Anda menayangkan konten dalam periode tertentu. Perhatikan pula waktu terbaik untuk posting Instagram. Termasuk waktu posting reels Instagram, Story, atau jenis postingan lainnya.

Data Later menyebutkan bahwa konsistensi postingan akan memengaruhi jangkauan rata-rata dan tingkat engagement. Dari 81 juta feed, Later menemukan bahwa akun yang lebih sering memposting konten secara konsisten dan terjadwal akan mendapatkan lebih banyak pengikut baru.

Demikian adalah ulasan tentang cara meningkatkan jumlah followers Instagram. Dengan menerapkan 10 cara tersebut, maka Anda akan lebih mudah dalam menarik perhatian lead dan mendapatkan lebih banyak jumlah pengikut.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.