Strategi Marketing Murah dan Hemat Budget Paling Efektif untuk Bisnis Kecil

strategi marketing murah

Salah satu permasalahan paling umum yang sering kali kita temui dalam sebuah bisnis kecil adalah minimnya anggaran atau business cost. Termasuk dalam marketing operations. Padahal, proses pemasaran menjadi bagian terpenting untuk menghasilkan profitabilitas bagi bisnis. Padahal, sebenarnya ada sejumlah strategi marketing yang murah namun tetap efektif untuk mendukung pertumbuhan bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Sejatinya, menjalankan sebuah bisnis memang memerlukan adanya cost management plan yang efektif. Tanpa adanya perencanaan biaya bisnis yang matang, maka proses bisnis pun tidak akan berjalan dengan optimal. Tak terkecuali kegiatan pemasaran. Maka dari itu, tak heran kalau sejumlah perusahaan menganggarkan biaya pemasaran dalam jumlah besar untuk mengoptimalkan strategi pemasaran.

Ini karena strategi marketing sendiri menjadi ujung tanduk dalam proses pemasaran produk. Tanpa pemasaran yang efektif, maka perusahaan pun akan kesulitan dalam proses conversion funnel maupun sales funnel untuk menghasilkan penjualan dan sales growth.

Kegiatan pemasaran yang tidak optimal pun akan berpengaruh pada business process lainnya. Bahkan, hal ini bisa menyebabkan perusahaan mengalami kesulitan dalam memanajemen risiko kerugian.

Sayangnya, terkadang masih banyak bisnis yang menyepelekan pentingnya kegiatan marketing. Terutama bisnis skala kecil atau menengah (misalnya UMKM). Bukan tanpa alasan, biasanya hal ini terjadi karena kurangnya budget atau dana yang mereka miliki. Alih-alih menggelontorkan dana untuk melakukan pemasaran, bisnis kecil biasanya lebih tertarik untuk meningkatkan kualitas produk agar konsumen tertarik.

Padahal, hal ini salah kaprah. Marketing menjadi bagian paling utama agar bisnis bisa dikenal secara luas. Tanpa adanya proses marketing, branding bisnis pun tidak akan menjadi optimal. Hasilnya, pertumbuhan bisnis akan mengalami kendala.

Bagi Anda yang mengalami masalah serupa, ketahuilah bahwa sebenarnya ada beberapa strategi marketing jitu yang murah dan mudah diterapkan oleh bisnis kecil. Strategi ini tergolong ramah budget, sehingga Anda tidak perlu memikirkan masalah biaya pemasaran yang membengkak. Apa saja?

Strategi Pemasaran Murah dan Efektif untuk Bisnis Kecil

Ada banyak sekali strategi pemasaran yang bisa perusahaan terapkan sesuai dengan niche bisnis, tujuan dan target, hingga kebutuhan dan finansial perusahaan. Baik itu strategi pemasaran digital maupun tradisional.

digital marketing agency

Untuk bisnis rintisan (startup) dan berskala kecil, langkah paling bijak adalah memilih strategi pemasaran yang hemat budget namun mudah dalam penerapannya, serta memberikan hasil yang optimal. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca Juga :

1. Social Media Marketing

social media marketing

Yang pertama adalah pemasaran melalui media sosial atau social media marketing (SMM). Ini merupakan strategi pemasaran paling jitu di era digitalisasi bisnis seperti saat ini. Apalagi mengingat banyaknya pengguna media sosial yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Penerapan strategi ini pun sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah platform media sosial (misalnya Instagram, Facebook, Twitter, dan lain  sebagainya), serta kreatifitas dalam meracik konten marketing yang menarik. Bahkan selain murah dan mudah, strategi ini juga sangat efektif untuk menjaring lebih banyak sales lead karena jangkauannya yang luas.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa strategi ini mengharuskan Anda untuk menciptakan jenis konten yang menarik bagi target pasar. Sebab konten tersebut akan bertindak sebagai lead magnet untuk menarik lebih banyak prospek dan engagement.

Maka dari itu, sebelum membuat konten di media sosial, Anda perlu melakukan market research atau riset pasar terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui jenis konten apa yang disukai oleh target pasar Anda. Kemudian, Anda perlu merencanakan konten (content plan) dan melakukan testing.

Menurut Buffer, beberapa ide konten yang efektif untuk meningkatkan social media engagement adalah konten edukatif (educational), konten yang membangkitkan empati dan emosional, konten yang menghibur, konten nostalgia, serta konten promosi.

2. Email Marketing

Sebagai seorang marketer, tentunya Anda sudah tidak asing dengan strategi pemasaran yang satu ini. Meskipun terkesan kuno, namun email marketing terbukti menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik untuk meningkatkan lead conversion hingga loyalty loop.

Hingga kini, mayoritas bisnis terus menggunakan email sebagai saluran pemasaran utama. Bukan hanya menjadi sarana promosi produk dan penyebaran informasi, penggunaan email marketing juga berguna untuk meningkatkan brand authority dan brand image yang bisa meningkatkan kredibilitas sebuah brand.

Selain itu, keuntungan utama dari penggunaan strategi pemasaran email ini adalah sifatnya yang ramah budget. Sama halnya dengan social media marketing, Anda hanya memerlukan email sebagai saluran pemasaran dan kreatifitas dalam menciptakan konten email yang menarik.

Poin lebihnya, email marketing juga menjadi sarana jitu untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan (relationship) dan meningkatkan angka customer retention.

Untuk memaksimalkan strategi ini, Anda bisa melakukan personalisasi email, segmentasi email (agar dapat menyasar target yang tepat), atau membagikan video email marketing. Sebab, berdasarkan data dari Wyzowl, 92% marketer menyatakan bahwa video akan menjadi bagian penting dari strategi marketing campaign (kampanye pemasaran) dalam beberapa tahun kedepan. Bahkan, video marketing tercatat dapat menyumbang sekitar 82% dari traffic internet sejak tahun 2021, dan terus mengalami peningkatan hingga sekarang.

Baca Juga :

3. SEO (Search Engine Optimization)

SEO marketing

Strategi selanjutnya adalah dengan memanfaatkan SEO (search engine optimization). Sebab, SEO atau optimasi mesin pencari menjadi salah satu strategi paling jitu agar website Anda bisa mudah terindeks di search engine. Caranya adalah dengan menggunakan SEO pada website Anda.

Dengan website yang SEO friendly, maka audiens akan semakin mudah mengenali dan menemukannya. Bayangkan apabila Anda mendapatkan ranking Google yang tinggi. Maka Anda pun memiliki peluang untuk mendapatkan lebih banyak klik (CTR) dan meningkatkan traffic website secara organik. Hasilnya, audiens pun akan lebih mengenal bisnis Anda, sehingga dapat meningkatkan brand awareness.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset keyword yang relevan dengan bisnis. Anda bisa mencari keyword potensial melalui beberapa tools seperti Ubersuggest, Google Keyword Planner, Ahrefs, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu memahami algoritma Google agar audiens lebih mudah menemukan bisnis Anda di search engine results page (SERP) dan meningkatkan traffic.

4. Testimoni

Kalau bicara soal strategi pemasaran yang murah, tentunya menggunakan referensi dan testimoni dari orang lain adalah salah satu yang paling menguntungkan. Alasannya adalah karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menarik perhatian lead dan memasarkan produk.

Testimoni ini bisa berupa pemasaran melalui mulut ke mulut (word of mouth), advocacy, maupun user generated content (UGC). Strategi tersebut masih menjadi teknik jitu untuk meningkatkan brand awareness hingga menghasilkan konversi. Sebab, riset menunjukkan bahwa 90% orang akan lebih tertarik untuk membeli suatu produk atau menggunakan layanan setelah orang lain merekomendasikannya.

Pelanggan yang merasa puas dengan kualitas produk dan layanan tak akan segan untuk memberikan dan meminta orang lain untuk mencobanya. Maka dari itu, strategi ini sangat efektif agar produk atau layanan Anda dapat lebih dikenal luas di masyarakat dan menjaring lebih banyak lead berkualitas yang bisa Anda konversi sebagai pelanggan.

Demikian adalah 4 strategi marketing murah dan hemat budget untuk bisnis kecil. Pada dasarnya, memilih strategi pemasaran yang tepat adalah bagian penting dalam proses perkembangan bisnis. Maka dari itu, pilihlah strategi yang paling sesuai dengan kebutuhan, termasuk kondisi finansial bisnis Anda,

Selain menerapkan strategi ini, masih ada banyak hal lain yang harus perusahaan perhatikan untuk mendukung pertumbuhan dan kelangsungan bisnis. Perusahaan juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.