Pentingnya Competitive Advantage (Keunggulan Kompetitif) Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Pentingnya Competitive Advantage (Keunggulan Kompetitif) Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Tak bisa di pungkiri lagi bahwa persaingan bisnis di era transformasi digital saat ini semakin ketat. Bukan tanpa alasan, setiap perusahaan di berbagai niche bisnis akan merencanakan strategi keunggulan kompetitif atau competitive advantage.

Singkatnya, keunggulan kompetitif merupakan faktor terpenting dalam menjamin kesuksesan perkembangan bisnis yang berkelanjutan (business continuity). Sebab, konsep ini mendorong segala proses bisnis untuk bisa menciptakan produk atau layanan perusahaan yang berkualitas (product-led growth) dan unggul di pangsa pasar.

Sehingga, perusahaan memiliki sekaligus menetapkan manajemen proses bisnis terbaik untuk membuat leads atau calon pelanggan di dalam basis tertentu (customer base) tertarik lalu menjadi pelanggan yang membeli produk tersebut (sales lead). Dan pada akhirnya, perusahaan akan memenangkan kompetisi di segmen pasar terbaiknya.

Namun, terdapat beberapa langkah dan strategi khusus dalam penerapan competitive advantage yang perlu Anda ketahui. Untuk itu, baca dengan saksama keseluruhan penjelasan artikel inMarketing berikut ini.

Apa Itu Competitive Advantage (Keunggulan Kompetitif)?

Menyadur dari situs Investopedia, keunggulan kompetitif atau competitive advantage adalah konsep dalam strategi bisnis di mana perusahaan membuat brandnya lebih unggul daripada kompetitor (leverage).

Baik dari segi jenis produk atau layanan, penggunaan sumber daya dan biaya operasional yang efisien, karyawan yang terampil dan profesional (employee activation), lokasi geografis, brand awareness, dan pengelolaan risiko bisnis yang maksimal (risk management). Serta penggunaan teknologi-teknologi terbaru untuk menjaga hubungan dengan pelanggan (CRM), pemasaran (marketing technology), pengiklanan (advertising technology), dan penjualan (sales pitch).

Baca Juga:

Menurut Marketing91, competitive advantage adalah salah satu tujuan bisnis yang utama dari setiap perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup bisnis (business life cycle). Sebab, strategi ini membantu stakeholder dapat membawa sekaligus mempertahankan brand image dan posisi perusahaan ke pasar terbaik (market positioning), menciptakan unique value proposition pada bisnis, dan memengaruhi pasar bisnis industrinya (brand authority).

digital marketing agency

Selain itu, perusahaan dapat menjual produknya dengan seefektif mungkin (sales process) karena perusahaan memahami daya saing bisnisnya di pasar (competitive analysis). Di mana kondisi tersebut akan berperan aktif dalam peningkatan akuisisi pelanggan baru (lead conversion) di samping mempertahankan pelanggan yang sudah ada untuk loyal dengan produk (brand loyalty).

Cara Membangun Competitive Advantage yang Tepat

Sesuai dengan pengertian dasarnya, keunggulan kompetitif di kembangkan dengan menentukan benefit atau manfaat bisnis dan product value yang jelas kepada pelanggan prospek (customer value). Selain itu, juga berdasarkan pemberian pengalaman pelanggan yang lebih baik dari yang kompetitor tawarkan dan mempertimbangkan value proposition sebagai bagian dari aset bisnis.

Selain itu, bisnis juga perlu menyesuaikan diri dengan target pasarnya untuk menciptakan demand dan semua faktor pendorong pertumbuhan ekonomi perusahaan (business growth). Sebab, sejatinya perusahaan perlu tahu persis siapa pelanggannya dan bagaimana pelanggannya dapat membuat perusahaan berkembang dengan lebih baik dan berkelanjutan (sustainable development).

Dan pada akhirnya, perusahaan dapat menganalisis kompetitor dengan tepat. Proses-proses tersebut dapat di lakukan dengan riset pasar bisnis (market research) yang mana juga membantu perusahaan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perusahaan (SWOT analysis).

Akan tetapi, kompetitor bukan hanya sekedar suatu perusahaan atau brand yang memiliki produk serupa. Kompetitor juga bisa berupa perusahaan yang menyertakan hal lain di mana pelanggan dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhannya.

Padahal sebenarnya perusahaan Anda juga bisa menanganinya, misalnya performa pelayanan pelanggan, pemberian promosi dan kampanye pemasaran yang menarik, atau pemberian harga terbaik (pricing).

Kesimpulan!

Untuk membangun competitive advantage, perusahaan harus dapat merinci manfaat yang mereka berikan kepada target pasar mereka dengan cara yang tidak dapat di lakukan oleh kompetitor lain.

Baca Juga:

Strategi Competitive Advantage (Keunggulan Kompetitif)

Strategi Competitive Advantage (Keunggulan Kompetitif)

Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas, semakin terlihat betapa pentingnya menekankan keunggulan kompetitif melalui penguatan brand message dalam setiap komunikasi dengan pelanggan (brand communication). Baik itu dari kampanye iklan, hubungan masyarakat, sales tools, atau bahkan toko offline.

Itulah yang mendasari Michael Porter; profesor di Harvard Business School; mendefinisikan penerapan keunggulan kompetitif terbaik ke dalam tiga strategi utama. Yang mana strategi-strategi tersebut ia tulis ke dalam bukunya yang berjudul “Competitive Advantage” pada tahun 1985.

Dalam bukunya, Porter menjelaskan bahwa pada intinya setiap perusahaan harus merencanakan sekaligus menciptakan tujuan, strategi, dan operasi bisnis yang jelas (business plan) untuk membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Di samping itu, budaya perusahaan dan nilai-nilai karyawan (corporate social responsibility) harus sejalan dengan tujuan keunggulan kompetitif.

Adapun ketiga strategi utama competitive advantage adalah sebagai berikut.

1. Cost Leadership

Cost leadership mengacu pada upaya perusahaan dalam memberikan nilai bisnis beserta produk atau layanan yang terbaik dengan harga serendah mungkin (value based selling). Perusahaan dapat melakukan strategi ini dengan terus meningkatkan efisiensi operasional bisnisnya.

Misalnya, perusahaan memutuskan untuk membayar upah kerja lebih sedikit pada karyawannya selama pengelolaan proyek. Namun, mereka mengganti atau mengkompensasi sisanya dengan menawarkan fasilitas tidak berwujud, seperti opsi saham, tunjangan, atau peluang promosi. Dan seiring berjalannya waktu, mereka dapat memperoleh manfaat dari skala ekonomi dan pembelian pelanggan dalam jumlah besar.

2. Differentiation

Strategi competitive advantage selanjutnya adalah diferensiasi yang menjelaskan upaya perusahaan dalam memberikan manfaat yang lebih baik daripada perusahaan lain. Sebuah perusahaan dapat mencapai diferensiasi dengan menyediakan produk yang unik atau berkualitas tinggi, misalnya peluncuran produk flagship (product launch).

Strategi diferensiasi lainnya adalah dengan mengirimkan produk atau layanan lebih cepat menggunakan saluran distribusi khusus. Serta memasarkan produk dengan menjangkau pelanggan dengan lebih baik. Perusahaan dengan strategi diferensiasi dapat menentukan harga premium, yang berarti biasanya memiliki margin profitabilitas yang lebih tinggi.

3. Focus

Strategi competitive advantage yang ketiga dan terakhir ini merujuk pada upaya pemimpin perusahaan dalam memahami dan melayani target pasarnya lebih baik daripada kompetitor (customer acknowledgment). Kunci dari strategi fokus yang sukses adalah memilih target pasar yang sangat spesifik. Di mana target pasar tersebut merupakan niche kecil yang tidak di layani oleh perusahaan besar.

Demikian penjelasan yang bisa inMarketing bagikan seputar competitive advantage, mulai dari pengertian, cara pengembangannya, hingga strategi-strategi dalam penentuan keunggulan kompetitif.

Bila Anda sedang berencana meningkatkan keunggulan kompetitif bisnis, maka ada baiknya untuk menerapkan strategi pemasaran yang terbaik di era digitalisasi bisnis seperti sekarang. Misalnya, social media marketing, inbound marketing, growth hack marketing, 360 digital marketing, dan data driven marketing.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.